Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kriteria Wakil Ketua DPR Golkar: Pernah Jadi Anggota DPR dan Pimpin AKD

Elite Golkar mengungkap kriteria kader Golkar yang akan menempati posisi Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029.
Ketua DPD Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan (berbaju kuning) saat  diskusi Membaca Arah Koalisi Indonesia Bersatu Menjelang 2024 di Bandung, Jumat (30/9/2022). JIBI/Bisnis-Wisnu Wage
Ketua DPD Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan (berbaju kuning) saat diskusi Membaca Arah Koalisi Indonesia Bersatu Menjelang 2024 di Bandung, Jumat (30/9/2022). JIBI/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily mengungkap kriteria kader Golkar yang akan menempati posisi Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Golkar memiliki Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024. Adapun, saat ini Golkar kembali memiliki posisi tersebut karena perolehan suaranya menempati peringkat kedua sebanyak 25.387.279 suara.

“Namanya sudah ada di kantong Ketua Umum Partai Golkar ya dan sejauh ini kami telah membahas dalam rapat DPP Partai Golkar,” tururnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Ace melanjutkan, Wakil Ketua DPR dari Golkar memiliki kriteria tersendiri yaitu pernah menjadi anggota DPR RI dan memimpin AKD (Alat Kelengkapan Dewan).

Nantinya, tambah Ace, soal nama Wakil Ketua DPR dari Golkar akan diumumkan secara resmi oleh Ketum Golkar.

“Ketua Umum memerintahkan kepada kami untuk merumuskan kriteria-kriterianya dan salah satu kriterianya adalah pernah menjadi anggota DPR RI dan juga memimpin alat kelengkapan dewan. Soal namanya nanti secara resmi akan disampaikan Ketua Umum Golkar,” tutur dia.

Untuk diketahui, Pelantikan Anggota DPR periode 2024-2029 berlangsung pada hari ini, Selasa (1/10/2024) di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat. Sebanyak 580 orang menempati kursi di Senayan selama lima tahun ke depan.

Adapun, pelantikan ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper