Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prosesi HUT RI ke-79 di IKN Dimulai 10 Agustus, Ini Bocorannya

Pada 10 Agustus bendera duplikat akan tiba di IKN dan akan disambut dengan tarian.
Penjual bendera/Blorakab
Penjual bendera/Blorakab

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Daerah Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengatakan bahwa prosesi atau agenda untuk memperingati HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur, akan dimulai sejak 10 Agustus 2024.

"Prosesi ini agendanya nanti sudah akan dimulai Insya Allah pada tanggal 10 Agustus ketika bendera duplikat itu sudah akan tiba di IKN. Tentu ini sejarah ketika bendera duplikat itu akan hadir di IKN, pintu masuknya adalah lewat Kalimantan Timur lewat bandara Balikpapan," katanya, saat Konferensi Pers, pada Kamis (18/7/2024). 

Dia mengatakan bahwa penyambutan bendera duplikat tersebut akan dilakukan dengan kearifan lokal, dengan tarian tradisional, kemudian dengan pakaian adat daerah. 

"Kita antar duplikat [bendera] ini sebelum menuju ke IKN dengan pengantaran pakaian daerah diiringi pakaian daerah ya ketika turun dari pesawat nanti misalnya," ujarnya. 

Selanjutnya, dia menjelaskan bahwa nanti juga di sepanjang jalan menuju tol akan ada anak-anak sekolah yang menyambut kehadiran dari bendera duplikat tersebut. 

Menurutnya, ini salah satu bentuk penerimaan dan sebagai sejarah, bahwa bendera duplikat itu hadir di IKN melalui Kalimantan Timur. 

Selain itu, dia mengatakan bahwa dukungan penyelenggaraan upacara 17 Agustus di IKN tentu salah satu yang akan dilakukan adalah membuat umbul-umbul, baliho, dan spanduk. 

"Itu [spanduk] nanti akan hadir mulai dari bandara khususnya Balikpapan kemudian jalan tol sampai dengan arah Sepaku dan IKN. Jadi ini seakan-akan mengantarkan tamu bahwa mereka memasuki Kaltim kemudian menuju IKN dalam rangka untuk memperingati upacara 17 Agustus," ujarnya. 

Sementara itu, untuk memfasilitasi warga masyarakat, dia mengatakan akan mencoba mewadahinya supaya bisa menyaksikan upacara HUT RI ke-79 tersebut. 

"Tentu nanti akan ada warga yang bisa hadir di IKN, juga ada yang tidak, masyarakat Kaltim ini jumlahnya 4 juta tentu tidak semua bisa hadir ke sana, tetapi kita mencoba mewadahi, bagaimana suasana upacara 17 Agustus di IKN itu bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat," ucapnya. 

Dia menegaskan pihaknya telah menyiapkan videotron yang nantinya bisa untuk live streaming, sehingga dari videotron di beberapa titik strategis Kabupaten dan Kota, nanti bisa menjadi tempat bagi warga masyarakat untuk menyaksikan secara langsung prosesi Upacara 17 Agustus di IKN. 

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong mengatakan bahwa upacara HUT RI ke 79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi salah satu transisi awal perpindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara pada tahun ini. 

Dia menjelaskan bahwa upacara HUT RI ke-79 dilaksanakan di dua tempat, di antaranya di Istana Kepresidenan di IKN, dan Istana Merdeka Jakarta. 

Kemudian, dia mengungkap bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara di IKN dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan bertindak sebagai pemimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper