Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mesir Usulkan Gencatan Sementara di Gaza, Ini Tujuannya

Mesir telah mengusulkan gencatan senjata awal selama dua hari di Gaza, lalu perundingan harus dilanjutkan dalam upaya mencapai gencatan senjata permanen.
Warga Palestina berjalan untuk kembali ke pemukiman mereka di sisi timur Khan Younis setelah pasukan Israel menarik diri dari daerah tersebut, di Khan Younis, di Jalur Gaza selatan, 30 Juli. / Reuters-Mohammed Salem
Warga Palestina berjalan untuk kembali ke pemukiman mereka di sisi timur Khan Younis setelah pasukan Israel menarik diri dari daerah tersebut, di Khan Younis, di Jalur Gaza selatan, 30 Juli. / Reuters-Mohammed Salem

Bisnis.com, JAKARTA — Mesir telah mengusulkan gencatan senjata awal selama dua hari di Gaza untuk menukar empat sandera Israel dari Hamas dengan beberapa tahanan Palestina, ketika serangan militer Israel menewaskan 45 warga Palestina di seluruh wilayah tersebut.

Mengutip Reuters pada Senin (28/10/2024), Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi membuat pengumuman tersebut sebagai upaya untuk meredakan perang dahsyat yang telah berlangsung lebih dari setahun yang dilanjutkan di Qatar dengan dihadiri oleh direktur CIA dan badan intelijen Israel Mossad.

Berbicara bersama Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune pada konferensi pers di Kairo, Sisi juga mengatakan bahwa perundingan harus dilanjutkan dalam waktu 10 hari setelah penerapan gencatan senjata sementara dalam upaya mencapai gencatan senjata permanen.

Belum ada komentar langsung dari Israel atau Hamas, tetapi seorang pejabat Palestina yang dekat dengan upaya mediasi mengatakan dia berharap Hamas akan mendengarkan tawaran baru tersebut, namun tetap bertekad bahwa perjanjian apa pun harus mengakhiri perang dan mengeluarkan pasukan Israel dari Gaza.

Sementara itu, Israel mengatakan perang tidak akan berakhir sampai Hamas dilenyapkan sebagai kekuatan militer dan entitas pemerintahan di Gaza.

AS, Qatar dan Mesir telah mempelopori perundingan untuk mengakhiri perang yang meletus setelah pejuang Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober tahun lalu, menewaskan 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut perhitungan Israel.

Korban tewas akibat serangan balasan Israel melalui udara dan darat di Gaza mendekati 43.000 orang, kata para pejabat kesehatan Gaza, dan daerah kantong padat penduduk itu kini hancur lebur.

Seorang pejabat yang mendapat penjelasan mengenai perundingan tersebut sebelumnya mengatakan bahwa perundingan di Doha akan mengupayakan gencatan senjata jangka pendek dan pembebasan beberapa sandera yang ditahan oleh Hamas sebagai imbalan atas pembebasan tahanan Palestina oleh Israel.

Tujuannya, yang masih sulit dipahami setelah berbagai upaya mediasi, adalah membuat Israel dan Hamas menyetujui penghentian pertempuran selama kurang dari sebulan dengan harapan hal ini akan menghasilkan gencatan senjata yang lebih permanen.

Setidaknya 43 dari mereka yang tewas di Gaza pada hari Minggu berada di wilayah utara wilayah tersebut, di mana pasukan Israel telah kembali untuk membasmi pejuang Hamas yang dikatakan telah berkumpul kembali di sana.

PBB mengatakan penderitaan warga sipil Palestina di Gaza utara "tak tertahankan" dan konflik tersebut "dilancarkan tanpa memperhatikan persyaratan hukum kemanusiaan internasional".

"Sekretaris Jenderal PBB (Antonio Guterres) terkejut dengan tingkat kematian, cedera dan kehancuran yang mengerikan di wilayah utara, dengan warga sipil yang terjebak di bawah reruntuhan, orang-orang yang sakit dan terluka tidak mendapatkan layanan kesehatan yang dapat menyelamatkan nyawa, dan keluarga-keluarga kekurangan makanan dan tempat tinggal di tengah laporan mengenai keluarga yang terpisah dan banyak orang ditahan," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang Israel menghambat upaya pengiriman makanan, obat-obatan, dan pasokan kemanusiaan penting lainnya, sehingga membahayakan nyawa, katanya. Kehancuran dan kekurangan akibat operasi militer Israel di wilayah utara membuat kehidupan di sana tidak dapat dipertahankan.

Israel mengatakan pasukannya beroperasi sesuai dengan hukum internasional. Dikatakan bahwa mereka menargetkan agen Hamas yang menyembunyikan diri di antara penduduk sipil yang mereka gunakan sebagai tameng manusia, tuduhan yang dibantah oleh Hamas.

Mereka membantah memblokir bantuan kemanusiaan ke Gaza, menyalahkan organisasi internasional atas masalah distribusinya dan menuduh Hamas mencuri dari konvoi bantuan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper