Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil 3 Calon Rektor UI 2024-2029: Ari Fahrial Syam, Heri Hermansyah, Teguh Dartanto

Berikut profil 3 calon Rektor UI 2024-2029, yaitu Ari Fahrial Syam, Heri Hermansyah, dan Teguh Dartanto. Simak visi misi mereka!
Tangkapan layar pamflet tiga  calon yang melaju ke tahap selanjutnya adalah Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG (Fakultas Kedokteran UI); Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU (Fakultas Teknik UI); dan Teguh Dartanto, Ph.D. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI).
Tangkapan layar pamflet tiga calon yang melaju ke tahap selanjutnya adalah Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG (Fakultas Kedokteran UI); Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU (Fakultas Teknik UI); dan Teguh Dartanto, Ph.D. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI).

Bisnis.com, JAKARTA — Universitas Indonesia (UI) akan memilih rektor untuk memilih calon pemimpin di kampus bergengsi di Indonesia tersebut. Simak profil tiga calon Rektor UI 2024-2029, yaitu Ari Fahrial Syam, Heri Hermansyah, Teguh Dartanto. 

Senin (23/9/2024), UI menggelar debat publik untun tiga calon rektor yang telah lolos seleksi tahap penyaringan pemilihan Rektor UI untuk periode 2024-2029.

Ketiga calon rektor itu dijadwalkan berlangsung mulai pagi ini, Senin (23/9/2024) pukul 09.00 WIB di Balai Sidang, Kampus UI Depok. Nantinya, debat juga akan disiarkan melalui youtube Universitas Indonesia atau UI Teve yang bisa ditonton di link streaming berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=6Byg6IKM2fY

Adapun, ketiga nama calon rektor UI yang akan tampil dalam debat hari ini adalah Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG (Fakultas Kedokteran UI); Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU (Fakultas Teknik UI); dan Teguh Dartanto, Ph.D. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI).

Berdasarkan catatan Bisnis, Tiga nama itu lolos dari seleksi tujuh calon rektor sebelumnya yang telah mempresentasikan program mereka di hadapan para panelis.

Profil 3 Calon Rektor UI 2024-2029

1. Ari Fahrial Syam 

Dari sisi rekam jejak ketiga kandidat itu pun sosok dan latar belakang berbeda. Ari Fahrial Syam yang awalnya merupakan Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran (FK) UI itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Dekan FKUI periode 2017-2021.

Pria kelahiran Jakarta, 19 Juni 1966 itu menamatkan jenjang pendidikan dokter umum di FKUI pada 1990 dan melanjutkan pendidikan spesialis penyakit dalam di tempat yang sama pada 2000.

Rekam pendidikannya berlanjut di University of Queensland, Australia dengan raihan gelar Master of Molecular Biology pada 2001. Tak bergenti di sana dia juga mendapatkan gelar doktor ilmu biomedik di FKUI pada 2011.

2. Heri Hermansyah

Sosok kedua adalah Heri Hermansyah yang saat ini masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik (FT) UI periode 2022-2026.

Heri merupakan pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 18 Januari 1976. Insinyur ini juga merupakan Guru Besar dalam Ilmu Rekayasa Proses Bioreaksi termuda saat dikukuhkan di FTUI pada 2013 lalu.

Masih dalam bidang pendidikan, Heri mendapatkan gelar sarjananya bidang teknik gas dan petrokimia di FKUI pada 1998. Adapun untuk gelar S2 dan S3 dalam bidang teknik kimia di Universitas Tohoku Jepang pada 2000 hingga 2006.

3. Teguh Daryanto 

Kontestan terakhir adalah Teguh Daryanto yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FIB) UI.

Kandidat calon rektor UI itu memiliki spesialis akademik dalam bidang analisis kemiskinan, ekonomi pembangunan, general equilibrium terapan, dan mikroekonometri.

Sebelumnya menekuni bidang akademisi, dia terjun sebagai peneliti pada institusi penelitian Japan International Corporation Agency (JICA) di Tokyo pada 2015.

Untuk rekam jejak pendidikan, Daryanto mendapatkan gelar master of economic dari Hitotsubashi University dan Ph.d International Development dari Nagoya University.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper