Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Trah Soekarno yang Dilantik jadi Anggota DPR 2024-2029, Total Harta Rp600 Miliar

Berikut rekam jejak dan harta kekayaan Trah Soekarno yang resmi dilantik jadi anggota DPR 2024-2029.
Trah Soekarno: Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Anggota DPR RI 2024-2029 Pinka Haprani. Dok Instagram @puanmaharani.
Trah Soekarno: Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Anggota DPR RI 2024-2029 Pinka Haprani. Dok Instagram @puanmaharani.

Bisnis.com, JAKARTA — Empat keturunan Presiden pertama RI Soekarno, yang juga berstatus sebagai Politisi PDIP, berhasil melenggang ke Parlemen Senayan atau resmi dilantik jadi anggota DPR RI periode 2024–2029.

Berdasarkan laporan harta yang disampaikan oleh tiga di antaranya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), total harta kekayaan yang mereka miliki hampir menyentuh Rp600 miliar.

Trah Soekarno yang kini menjabat sebagai anggota DPR merupakan generasi ketiga hingga keempat. Mereka merupakan cucu hingga cicit dari sang proklamator, yaitu Puan Maharani dan putrinya Diah Pikatan Orissa Putri Haprani alias Pinka Haprani, Puti Guntur Soekarno, dan Romy Soekarno. 

Keempatnya merupakan politisi PDI Perjuangan (PDIP). Puan Maharani, yang kembali didapuk sebagai Ketua DPR, dan Puti Guntur Soekarno menjadi legislator untuk periode kedua.

Sementara itu, dua politisi Senayan baru yang bergabung ke Senayan, yakni anak Puan, Pinka Haprani, serta anak dari Guntur Soekarnoputra, Romy Soekarno.

Setelah dilantik menjadi anggota DPR RI 2024-2029, keempat penerus Soekarno tersebut harus melaporkan jumlah harta kekayaan terbaru mereka kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Berikut rekam jejak dan harta kekayaan yang dilaporkan kepada Komisi Antirasuah sebelum pelantikan pada 1 Oktober 2024. 

Profil dan Harta Kekayaan Trah Soekarno di DPR RI 2024-2029 

1. Puan Maharani

Perempuan dengan nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi itu merupakan satu-satunya anak dari Megawati dan mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas. Tahun ini merupakan periode ketiga Puan berada di DPR.

Ketua DPP PDIP itu telah menjadi anggota DPR pada periode 2009-2014 dan 2019-2024. Pada 2014, Puan meninggalkan kursi anggota dewan yang dimenangkan olehnya untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) pada Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Kiprah Puan di DPR termasuk menjadi ketua fraksi PDIP dan Ketua DPR pada periode lalu. Pada hari yang sama pelantikan anggota DPR 2024-2029, dia kembali dipilih menjadi Ketua DPR untuk periode kedua.

Partainya secara otomatis mencalonkannya lagi menjadi Ketua DPR, setelah partai berlogo banteng moncong putih kembali memeroleh suara terbesar di Pemilu 2024.

Puan menikah dengan Hapsoro Rukmonohadi atau Happy Hapsoro, pengusaha pemilik emiten PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA). Pada 2023, dia merupakan salah satu pejabat terkaya berdasarkan nilai harta yang dilaporkannya melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Berdasarkan LHKPN teranyar milik Puan di 2023, ketua DPR dua periode itu memiliki kekayaaan senilai Rp552 miliar. Nilai itu terus bergerak naik setidaknya dari periode 2019 yaitu Rp364 miliar, Rp382 miliar (2020), Rp397 miliar (2021) dan Rp495 miliar (2022).

Pada LHKPN 2023, Puan melaporkan kepemilikan harta berbentuk total 97 aset tanah dan bangunan senilai Rp273 miliar, 10 unit kendaraan senilai Rp1,5 miliar, harta bergerak lainnya Rp5 miliar, surat berharga Rp235,9 miliar, serta kas dan setara kas Rp84,3 miliar. Total nilai kekayaannya itu dikurang utang sebesar Rp47,1 miliar.

Ketua DPR RI 2024-2029 Puan Maharani. JIBI/Bisnis
Ketua DPR RI 2024-2029 Puan Maharani. JIBI/Bisnis

2. Puti Guntur Soekarno

Puti Guntur merupakan legislator dari PDIP sejak 2009. Dia merupakan anak dari Guntur Soekarnoputra dan Henny Emilia Hendayani. Guntur merupakan anak dari Presiden Soekarno.

Karier politik Puti sebagian besar dihabiskan bersama dengan partai dan di parlemen. Meski demikian, pada 2018 dia dicalonkan sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur mendampingi Saifullan Yusuf, petinggi PBNU yang juga Menteri Sosial saat ini. Akan tetapi, dia dikalahkan oleh pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Pada Pemilu 2024, Puti mengamankan kursi di Senayan dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I. Dapil itu dikenal menjadi salah satu 'dapil neraka'. Salah satu kompetitor Puti adalah musisi Ahmad Dhani, yang juga lolos ke DPR dari Partai Gerindra.

Berdasarkan LHKPN terbaru yang disampaikan olehnya, Puti melaporkan kepemilikan harta ke KPK sebesar Rp2,1 miliar. Kepemilikan harta yang dilaporkannya fluktuatif yakni Rp2,6 miliar pada 2022, Rp2,5 miliar pada 2020 serta Rp1,9 miliar pada 2019.

Menariknya, pada LHKPN terbarunya, Puti tidak melaporkan kepemilikan aset dan tanah bangunan sama sekali alias 0. Dia melaporkan kepemilikan tiga mobil senilai Rp755 juta, harta bergerak lainnya Rp601,5 juta, surat berharga Rp50 juta serta kas dan setara kas Rp732 juta.

3. Diah Pikatan Orissa Putri Haprani alias Pinka Haprani 

Putri dari Puan Maharani dan Hapsoro Sukmonohadi atau Happy Hapsoro itu merupakan anggota DPR baru. Sebelumnya, cucu Megawati Soekarnoputri itu bertarung di dapil Jawa Tengah IV dengan beberapa senior PDIP salah satunya Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Perempuan yang dikenal dengan nama Pinka Haprani itu merupakan lulusan universitas di London, Inggris yaitu School of Oriental and African Studies (SOAS).

Nama Pinka muncul ke publik ketika diperkenalkan oleh Megawati di tengah-tengah pidatonya saat HUT PDIP 2023 lalu. Sebagai legislator baru, cicit Presiden Soekarno itu pun turut diwajibkan menyerahkan LHKPN khusus. LHKPN yang dilaporkan Pinka merupakan yang perdana karena sebelumnya belum pernah menjadi penyelenggara negara.

Pada LHKPN Yang dilaporkannya pada 12 Juni 2024, Pinka melaporkan kepemilikan harta sebesar Rp38 miliar. Sebagian besar hartanya itu merupakan rumah yang berada di Jakarta dan Gianyar. Kemudian, dia menyertakan kepemilikan kas dan setara kas Rp3 miliar.

Anggota DPR RI 2024-2029 dari Fraksi PDIP Pinka Haprani. Dok Instagram @dhaprani
Anggota DPR RI 2024-2029 dari Fraksi PDIP Pinka Haprani. Dok Instagram @dhaprani

4. Romy Soekarno

Nama Romy menjadi sorotan usai anggota DPR terpilih Arteria Dahlan menyerahkan kursi yang dimenangkan kepadanya. Arteria sebelumnya merupakan caleg yang menggantikan anggota DPR terpilih dapil Jawa Timur IV Sri Rahayu. Namun, akhirnya Arteria mengundurkan diri secara sukarela untuk memberikan jalan ke Romy.

Menurut Arteria, dia tahu diri karena dibesarkan oleh Megawati dan Taufiq Kiemas sehingga merasa sudah seharusnya bekerja untuk melayani ketua umum PDIP itu beserta keluarga besarnya. Dia menegaskan tidak ada paksaan dalam keputusannya itu.

"Iya betul [sukarela mundur]. Enggak ada [paksaan], siapa yang bisa maksa saya. Enggak ada itu. Apalagi kalau dipaksa, akan saya lawan dengan segala konsekuensinya saya lawan," tutur dia saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Adapun Romy Soekarno, atau Hendra Rahtomo, merupakan putra dari Rachmawati Soekarnoputri. Dia juga merupakan caleg yang bertarung di dapil Jawa Timur IV namun sebelumnya kalah. Menurutnya, pengangkatannya sebagai anggota DPR terpilih menggantikan Sri Rahayu dan Arterian Dahlan merupakan keputusan DPP.

"Oh itu memang dari DPP yah. DPP mengapresiasi bagaimana saya di dapil berjuang dari pagi sampai malam dan terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri," ujarnya di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Adapun LHKPN Romy saat ini belum diunggah ke situs resmi elhkpn.kpk.go.id karena masih dalam antrean pengumuman.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper