Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mundur! Jokowi Batal Groundbreaking Proyek di IKN Pekan Ini

Pemerintah memastikan jadwal peletakan batu pertama atau groundbreaking Ke-9 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang awalnya direncanakan pekan ini akan mundur.
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking  Magnum Resort Nusantara, IKN, Rabu (25/9/2024)/Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Magnum Resort Nusantara, IKN, Rabu (25/9/2024)/Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Basuki Hadimuljono memastikan bahwa jadwal peletakan batu pertama atau groundbreaking Ke-9 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang awalnya direncanakan pekan ini akan mundur.

Dia mengatakan bahwa hal ini dikarenakan pihaknya masih melakukan finalisasi terkait dengan investor-investor yang akan masuk untuk menanamkan modal di Nusantara.

Hal ini dia sampaikan usai menghadiri agenda Nusantara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Fun Run 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Minggu (6/10/2024).

“Lagi kami lihat, karena kan beliau [Jokowi] hari ini pulang ke Solo. Lalu, pada 11 Oktober kalau jadi tes training center (TC) PSSI, maka beliau akan ke IKN lagi. Tapi tanggal 12 Oktober beliau ke Solo lagi, jadi setelah itu mungkin baru groundbreaking,” ujarnya saat ditemui secara terpisah oleh Bisnis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu pun mengatakan bahwa investor asing dari London, Inggris yang akan menjadi investor selanjutnya di IKN.

“Jadi, dalam ada luar ada tetapi lagi difinalkan belum fix betul. Belum tau ada berapa yang akan groundbreaking. Kemarin Delonix sama Magnum, ke depan Botanical Garden dari London, tetapi yang lain lagi di finalkan. Jadi minggu depan baru akan groundbreaking,” tandas Basuki.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa akan siap untuk kembali ke IKN apabila jadwal untuk groundbreaking sudah dipastikan oleh Kepala OIKN.

“Ya terserah kepala IKN, kalau memang ada ya saya dateng. Jadi, ya tanya kepala IKN,” ujarnya sembari tertawa.

Sebelumnya,  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pekan depan.

Suharso mengatakan bahwa agenda kunjungan Presiden Jokowi ke IKN salah satunya adalah kembali melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek investasi di ibu kota baru. Rencananya groundbreaking IKN bakal dilakukan pada Rabu (9/10/2024).

"Saya belum lihat tetapi saya Senin, Selasa akan ada di IKN. Kemudian, Rabu akan ada groundbreaking, kalau tidak salah. Selasa ada acara kita di sana,” kata Suharso kepada wartawan di kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Lebih lanjut, Suharso mengaku belum dapat memastikan ketika ditanyakan mengenai groundbreaking yang masuk merupakan investasi asing atau investasi lokal.

“Saya belum lihat, mungkin iya ada dalam negeri, ada luar negeri. Saya belum pasti yang mengatur itu Otorita tetapi saya ke sana untuk memastikan soal [kepindahan] ASN,” pungkas Suharso.

Dalam catatan Bisnis, terakhir kali Presiden Jokowi melaksanakan groundbreaking investasi tahap 8 di IKN pada, Rabu (25/9/2024) atau tepatnya H-25 menjelang lengser dari jabatannya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper