Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertemuan Jokowi dan Presiden MBZ Hasilkan 8 MoU, Ini Daftarnya

Presiden Jokowi dengan Presiden UEA MBZ menyaksikan penandatanganan 8 nota kesepahaman (MoU), di antaranya terkait investasi dan pengembangan industri
Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) / Setpres
Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menyaksikan sejumlah nota kesepahaman (MoU).

Dia menjabarkan, MoU yang disaksikan antara kedua pihak dalam berbagai bidang, antara lain energi, pariwisata, hingga keuangan di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, pada Rabu (17/7/2024).

“Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengangkat empat isu utama, yakni kerja sama perdagangan, kerja sama investasi strategis, kerja sama energi bersih dan iklim, serta kerja sama sosial budaya,” ujarnya melalui keterangan pers dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/7/2024).

Di sela-sela pertemuan bilateral, kedua pemimpin juga menyaksikan pengumuman 8 kesepakatan deliverables kunjungan, yaitu:

  1. MoU antara Kementerian BUMN dan Eagle Hills terkait pariwisata dan transportasi udara;
  2. MoU antara Nusantara Capital Authority dan Dubai International Financial Centre Authority terkait pembentukan Financial Centre di IKN;
  3. MoU antara BRIN dan Emirates Nuclear Energy (ENEC) terkait energi nuklir;
  4. MoU antara BI dan UAECB terkait sistem pembayaran;
  5. MoU antara Kementerian Keuangan dan Ministry of Finance terkait Public Finance Management;
  6. Framework Agreement antara PT DI & PAL Aerospace terkait Technology Transfer of Maritime Patrol Aircraft and Anti-Submarine Warfare;
  7. MoU antara Masdar dan PLN Icon+ untuk Joint Assessment and Study instalasi Solar Rooftop bidang komersil dan industrial di Indonesia;
  8. MoU antara Mohamed bin Zayed Species Conservation Fund United Arab Emirates dan Kemenkomarves terkait pembangunan Sheikh Mohamed bin Zayed and Joko Widodo International Mangrove Research Center di Bali.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menerima penghargaan sipil tertinggi dari Presiden MBZ berupa Order of Zayed.

Para pemimpin dunia termasuk Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, hingga Presiden RI terpilih Prabowo Subianto telah menerima Order of Zayed.

“Di dalam kunjungan kenegaraan ini, Bapak Presiden telah menerima tanda jasa kehormatan, Order of Zayed dari Presiden PEA. Order of Zayed merupakan penghargaan sipil tertinggi dari PEA untuk tokoh-tokoh dunia,” pungkas Retno.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper