Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbedaan Sifat dan Karakter Manusia beserta Contohnya

Berikut perbedaan sifat dan karakter beserta contoh dan cara mengubahnya.
Perbedaan sifat dan karakter lengkap dengan contohnya./Diana Kennedy
Perbedaan sifat dan karakter lengkap dengan contohnya./Diana Kennedy

Bisnis.com, JAKARTA - Sifat dan karakter seseorang adalah 2 hal yang sekilas sama meski punya perbedaan yang mendasar. Perbedaan sifat dan karakter terletak pada cara dan waktu melekatnya dalam diri manusia.

Sifat dan karakter adalah 2 hal yang ada di dalam psikologis masing-masing individu manusia. Menurut KBBI, sifat adalah ciri khas yang ada pada sesuatu (untuk membedakan dari yang lain).

Adapun karakter menurut KBBI adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak. Sifat dan karakter sering dianggap sebagai 1 hal yang sama. Padahal jika dibedah lebih dalam lagi sifat dan karakter punya perbedaan.

Perbedaan Sifat dan Karakter

Sifat adalah ciri khas yang ada pada diri manusia. Sifat ini melekat dalam diri manusia sejak lahir. Sifat bisa diamati dari kebiasaan atau tindakan yang berulang-ulang dilakukan oleh seseorang.

Di sisi lain menurut Soemarno Soedarsono, karakter adalah suatu nilai yang terpatri pada diri seseorang yang diperoleh dari pendidikan, pengalaman, percobaan, pengorbanan dan pengaruh dari lingkungan yang kemudian dipadu-padankan dengan nilai yang ada pada diri seorang individu.

Kemudian, menjadi suatu nilai intrinsik yang terwujud dalam sistem daya juang dan kemudian melandasi sikap, pemikiran seseorang, dan perilakunya.

Dengan kata lain, perbedaan sifat dan karakter seseorang adalah sifat merupakan bawaan dari lahir sementara karakter terbentuk dari pengalaman dan pemahaman masing-masing individu yang berbeda-beda. Sifat bersikap permanen karena bawaan dari lahir sementara karakter bisa berubah dengan pengalaman dan pemahaman yang baru.

Contoh Sifat dan Karakter Seseorang

Berikut beberapa contoh sifat dan karakter manusia:

Contoh Sifat Baik Seseorang

  • Bijaksana: Sifat ini menunjukkan kemampuan seseorang untuk membuat keputusan yang tepat dan adil, mencerminkan kepribadian yang damai dan tenang dalam menghadapi masalah.
  • Rendah Hati: Sikap ini mencerminkan kesadaran akan kemampuan diri sendiri tanpa merasa sombong. Orang yang rendah hati cenderung menyadari kesalahan dan belajar dari pengalaman.
  • Membantu Sesama: Ini adalah tindakan sukarela untuk membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Sifat ini menunjukkan empati dan kepedulian terhadap sesama.
  • Berbicara Sopan: Berbicara dengan sopan menunjukkan penghormatan terhadap orang lain. Ini mencerminkan perilaku yang baik dalam interaksi sosial.
  • Tidak Membuang Sampah Sembarangan: Menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab semua orang. Sifat ini mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan.

Contoh Sifat Buruk Seseorang

  • Sombong: Sifat ini membuat seseorang merasa lebih unggul atau lebih penting daripada orang lain. Sifat ini seringkali menyebabkan seseorang merendahkan orang lain.
  • Tidak Punya Rasa Malu: Sifat ini menyebabkan seseorang tidak memiliki batasan dalam bertindak, yang seringkali mengakibatkan perilaku yang tidak pantas.
  • Ceroboh: Kurangnya perhatian terhadap detail dapat menyebabkan kesalahan atau kecelakaan. Sifat ini menunjukkan kurangnya kehati-hatian dalam melakukan sesuatu.
  • Tidak Bisa Mengendalikan Emosi: Sifat ini membuat seseorang mudah marah atau tersinggung, yang dapat merusak hubungan dan membuat situasi menjadi tidak nyaman.
  • Kikir: Sifat ini mencerminkan keengganan untuk berbagi atau memberikan bantuan kepada orang lain, sering kali karena ketakutan kehilangan sesuatu yang berharga.

Contoh Karakter Baik Seseorang

  • Jujur: Kejujuran adalah dasar dari kepercayaan dalam hubungan manusia. Orang yang jujur tidak akan berbohong atau menipu orang lain.
  • Mandiri: Kemampuan untuk mengurus diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
  • Rendah Hati: Sifat ini mencerminkan kesadaran akan kemampuan diri sendiri tanpa merasa sombong. Orang yang rendah hati cenderung menyadari kesalahan dan belajar dari pengalaman.
  • Sabar: Kemampuan untuk menahan diri dan tetap tenang dalam situasi sulit atau ketika menghadapi penundaan.

Contoh Karakter Buruk Seseorang

  • Sombong: Sombong membuat seseorang merasa lebih unggul atau lebih penting daripada orang lain. Karakter ini bisa muncul seiring berubahnya lingkungan dan faktor lain.
  • Tidak Sopan: Bersikap kasar atau tidak menghormati orang lain dalam percakapan atau tindakan sehari-hari.
  • Boros: Menghabiskan sumber daya seperti uang, air, atau listrik secara berlebihan tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau dampaknya.
  • Tidak Bertanggung Jawab: Mengabaikan kewajiban atau tugas yang telah diberikan, seringkali menyebabkan masalah bagi diri sendiri dan orang lain.
  • Pemarah: Mudah marah atau tersinggung, yang dapat merusak hubungan dan menciptakan lingkungan yang tidak nyaman.

Apakah Sifat dan Karakter Bisa Diubah?

Sifat cenderung lebih sulit untuk diubah. Meski bisa diubah, sifat dasar manusia yang dibawa sejak lahir tak akan benar-benar hilang. Mengubah sifat memerlukan usaha dan komitmen yang besar.

Lain halnya dengan sifat, karakter cenderung lebih bisa diubah dengan usaha dan komitmen. Perubahan karakter bisa terjadi dengan pengalaman, pendidikan, terapi, dan lain sebagainya.

Demikian informasi lengkap mengenai perbedaan sifat dan karakter beserta contoh-contohnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper