Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Seperti Malaysia dan Singapura, Implementasi Studi Lintas Negara Masih Baru di RI

Implementasi model pendidikan lintas negara di Indonesia dinilai masih baru bila dibandingkan dengan negara-negara Asean.
British Council country director Summer Xia./Bisnis-Jessica Gabriela Soehandoko
British Council country director Summer Xia./Bisnis-Jessica Gabriela Soehandoko

Bisnis.comJAKARTA - Indonesia dinilai masih baru dalam implementasi model pendidikan lintas negara dibandingkan dengan negara-negara Asean. 

British Council Country Director Summer Xia menuturkan bahwa negara-negara lain di kawasan, seperti Malaysia dan Singapura telah mengimplementasikan pendidikan lintas negara untuk waktu yang lama, yakni lebih dari 10 tahun.

"Jadi, saya pikir, Indonesia baru-baru ini mengubah kebijakannya tentang memperbolehkan pendidikan internasional masuk ke negara ini, dan hal itu menciptakan lingkungan bagi model pendidikan lintas negara untuk dibangun di sini," jelasnya kepada Bisnis pada Senin (13/5/2024). 

Summer menjelaskan bahwa terdapat tantangan dalam kurangnya kesadaran dalam hal pendidikan lintas negara. Ia merasa bahwa tidak semua siswa, orang tua dan sekolah di Indonesia memahami dengan program pendidikan lintas negara.  

Tak hanya itu, beberapa institusi di Indonesia  yang menawarkan program pendidikan lintas negara, murid-muridnya belum tentu sadar atau paham betul maksud dari program ini. 

Sebelumnya, Summer menjelaskan bahwa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi Indonesia dan universitas Inggris dalam penerapan pendidikan lintas negara adalah menanggapi kebutuhan para pemimpin industri. 

Kemudian, hal terpenting yang dapat dilakukan adalah melibatkan para pemimpin industri, pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan utama. 

Ia juga mengatakan bahwa perlunya berfokus pada penciptaan insentif untuk merangsang pengembangan fakultas dan kolaborasi penelitian, yang dapat memungkinkan lebih banyak penelitian bersama. 

Adapun, strategi tersebut juga datang menimbang Indonesia yang relatif baru dalam penerapan model pendidikan lintas negara, sehingga banyak hal yang dapat dikembangkan lebih lanjut. 

“Oleh karena itu, saya merasa ada peran yang lebih besar bagi universitas-universitas di Inggris, yang kami wakili oleh British Council, untuk melakukan lebih banyak hal, untuk meningkatkan kesadaran untuk menunjukkan manfaat dari pendidikan lintas negara,” pungkasnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper