Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setneg: Program Makan Bergizi Gratis Prabowo Dimulai Januari

Prabowo Subianto dipastikan akan mulai menjalankan program andalannya ‘Makan Bergizi Gratis’ mulai awal Januari 2025 mendatang.
Ilustrasi program makan siang gratis yang diusung oleh pasangan Prabowo-Gibran. Dok Freepik
Ilustrasi program makan siang gratis yang diusung oleh pasangan Prabowo-Gibran. Dok Freepik

Bisnis.com, MAGELANG – Presiden Prabowo Subianto dipastikan akan mulai menjalankan program andalannya ‘Makan Bergizi Gratis’ mulai awal Januari 2025 mendatang.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menekankan bahwa meskipun mulai berjalan pada tahun mendatang, tetapi hingga saat ini pemerintah masih menggodok skema yang tepat.

Hal ini disampaikannya usai melaksanakan Retreat Kabinet Merah Putih bersama dengan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di kompleks Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

“Ya Insyallah, Insyallah doakan januari sudah bisa jalan tetapi karena keterbatasan fiskal belum bisa semuanya, jadi kita akan konsentrasi dulu ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan,” ujarnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, dia mengamini bahwa dalam penerapan pada awal tahun mendatang diprediksi akan berjalan secara belum sempurna. Mengingat secara sistem belum pernah program ini berjalan di Indonesia.

Oleh sebab itu, dia melanjutkan meminta maklum apabila dalam perjalanan awalnya ada banyak catatan yang akan terjadi di kemudian hari.

“Karena memang kita baru tahun ini. Negara kita akan melaksanakan program makan bergizi. Sementara beberapa negara yang lain itu sudah berjalan puluhan tahun. Mohon juga dimaklumi apabila di awal-awal sistem juga masih belum sempurna,” tuturnya.

Dia melanjutkan bahwa  untuk awal tahun pun cakupannya juga belum bisa untuk seluruh rakyat Indonesia. Namun, beberapa wilayah yang akan diprioritaskan mulai dari di daerah pantai terluar, pulau terluar, dan di daerah Papua.

“Tentu tidak bisa kita samakan. Nanti akan direncanakan [dibangun dapur umum] yang akan bisa mengdukung kebutuhan 3.000—4.000 anak siswa,” pungkas Prasetyo.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melakukan peninjauan terhadap Satuan Pelayanan Makan Bergizi di Kota Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (26/10/2024).

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana pun mengonfirmasi kehadiran dari Presiden Ke-8 RI itu ke satuan pelayanan yang akan merealisasikan program andalannya bersama dengan Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka itu.

"Untuk 3.000 orang. Mulai dari ibu hamil, ibu menyusui, anak balita, anak sekolah dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah atas (SMA), termasuk santri dan sekolah keagamaan lainnya," katanya kepada wartawan melalui pesan teks, Sabtu (26/10/2024).

Lebih lanjut, Dadan juga mengamini bahwa satuan tersebut akan dibangun pada daerah lain di Indonesia. Mengingat, Satuan Pelayanan Makan Bergizi di Kota Magelang merupakan proyek percontohan atau menjadi rancang awal sebelum pembangunan satuan di berbagai daerah lainnya.

“Bapak memang meninjau salah satu pelayanan makan bergizi. Tempat manajer Satuan Pelayanan Makan Bergizi ini akan melakukan koordinasi dengan penerima manfaat dan semua unsur yang terlibat dalam program makan bergizi,” tuturnya.

Adapun, Prabowo mengecek bangunan Satuan Pelayanan Makan Bergizi di Kota Magelang yang bakal difungsikan sebagai dapur untuk memasak menu makanan bergizi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper