Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Budi Gunawan: Bekas Kepala Telik Sandi, Dekat dengan Megawati

Budi Gunawan (BG) resmi melantik sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik dan Keamanan dalam Kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto.
Menko Politik dan Keamanan (Menkopolkam) Budi Gunawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024)/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Menko Politik dan Keamanan (Menkopolkam) Budi Gunawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024)/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA — Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (BG) resmi melantik sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik dan Keamanan dalam Kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024). 

BG kerap menjadi sorotan lantaran saat itu namanya masuk dalam bursa menteri Prabowo setelah sehari dicopot Jokowi sebagai Kepala BIN.

Sepak terjang BG penuh dengan kontroversi mulai dari pernah menjadi tersangka di KPK, meski akhirnya berhasil memenangkan praperadilan hingga pernah disindir Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena BIN yang pernah dipimpinnya dianggap sering mengintai musuh politik.

Lantas, siapa sosok Budi Gunawan?

Budi Gunawan alias BG lahir di Solo, Jawa Tengah pada 11 Desember 1959. Nama Budi sudah tak asing lagi di kalangan kepolisian, lantaran dia memiliki latar belakang yang kuat dalam pendidikan dan pengalaman luas di bidang kepolisian.

Perjalanan karier Budi dimulai ketika dia lulus dari Akademi Kepolisian pada 1983. Dia berhasil menjadi lulusan terbaik di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri/Sespimpol (1988) dan Lembaga Ketahanan Nasional/Lemhannas (2005). 

Program prestisius tersebut membuat dirinya dapat mengasah kemampuan di bidang penegakan hukum dan keamanan nasional. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan predikit Summa Cum Laude dalam program doktor ilmu hukum di Universitas Trisakti.

Adapun, pada era pemerintahan Jokowi, Budi menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) sejak 9 September 2016. Sebelumnya, dia juga pernah bertugas sebagai Wakapolri mendampingi Kapolri Badrodin Haiti dan Tito Karnavian. Dia adalah unsur Polisi kedua setelah Sutanto yang memimpin BIN.

Tak hanya itu, dia turut pernah dinobatkan sebagai jenderal termuda dan berprestasi di Polri, bahkan pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dia menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden (1999-2000) dan Presiden RI (2000-2004).

Sebagai seorang perwira Polri, Budi pun pernah memegang berbagai posisi penting seperti Karobinkar SSDM, Kaselapa Lemdiklat, Kapolda Jambi, Kadiv Binkum, Kadiv Propam, Kapolda Bali, dan Kalemdiklat. Sebagai pengakuan atas kontribusinya, ia diangkat menjadi Wakil Kapolri.

Dengan demikian, sepanjang kariernya, Budi mendapatkan banyak bintang jada dan penghargaan dengan total lebih dari 25 penghargaan berbeda. Penghargaan tersebut telah diberikan oleh berbagai institusi, termasuk Polri, Lemhannas, hingga Presiden Republik Indonesia.

Di luar bidang kepolisiannya, Budi juga diangkat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PB ESI) pada 2020. Perannya ini memberikan kontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan e-sports Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper