Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agus Gumiwang Sebut Pengarahan Calon Menteri Selesai, Hari Ini Giliran Wamen?

Politikus Golkar sekaligus Menperin Agus Gumiwang menyatakan pembekalan calon menteri di Kabinet Prabowo telah selesai dilakukan pada Rabu (16/10/2024).
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang seusai mengikuti pembekalan di Padepokan Garuda Yaksa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan di Hambalang. - JIBI/Bisnis/Abdurachman.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang seusai mengikuti pembekalan di Padepokan Garuda Yaksa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan di Hambalang. - JIBI/Bisnis/Abdurachman.

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang (AGK) menekankan bahwa presiden terpilih periode 2024—2029 Prabowo Subianto bakal menggelar pembekalan untuk calon wakil menteri, kepala badan dan lembaga kabinet pada Kamis (17/10/2024).

Agus yang juga merupakan politikus Golkar ini menyatakan agenda pembekalan untuk calon menteri Kabinet Prabowo-Gibran di kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto pada Rabu (16/10/2024) berlangsung santai, tetapi substantif. 

“Untuk camen kelihatanya sudah selesai malam ini. Suasana sangat santai tetapi sangat substantif," kata Agus usai pembekalan calon menteri (camen) dan calon wakil menteri (cawamen) di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). 

Agus mengatakan para calon menteri dan pimpinan badan serta lembaga sangat menghargai dan mengapresiasi inisiasi Presiden Ke-8 RI itu untuk menggelar acara pembekalan tersebut. Menurutnya, acara tersebut penting untuk menyiapkan hal-hal prioritas ke depannya.

"Acara ini diberikan pemahaman-pemahaman dan memperluas wawasan bagi para menteri dan yang dibicarakan adalah hal-hal yang prioritas bagi pemerintahan ke depan, contohnya adalah ketika kita bicara mengenai ketahanan pangan, ketahanan energi, dan lain sebagainya," tuturnya.

Secara umum, Agus melanjutkan bahwa setiap hadirin mendapatkan arahan Prabowo terkait apa saja yang akan dikerjakan kabinet 5 tahun ke depannya. Contohnya adalah ketika berbicara mengenai ketahanan pangan, ketahanan energi dan lain sebagainya.

"Kami mendengarkan arahan dari presiden terpilih Pak Prabowo yang intinya menyampaikan pemikiran-pemikiran beliau dan arahan-arahan beliau terhadap apa yang harus dikerjakan oleh kabinet ke depan," pungkas Agus.

Senada, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa pembekalan untuk calon menteri hanya dilakukan untuk satu hari saja. 

“Tidak ada, cukup satu hari,” kata Budi kepada Bisnis.

Untuk diketahui, pembekalan dilakukan bersama dengan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka itu dihadiri banyak tokoh Negara di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Tengah, Rabu (16/10/2024). 

Menurut video yang diterima Bisnis, terlihat para calon dan wakil menteri mengenakan pakaian warna putih dan mendengarkan arahan dari Prabowo.

Dari 16 detik video yang beredar, terlihat Prabowo dan Gibran menyalami satu per satu tokoh yang akan membantunya di pemerintahan selama 5 tahun ke depan. 

Menurut pantauan sosok yang hadir pada hari pertama pemanggilan antara lain Rosan Roeslani, Natalius Pigai, Nasaruddin Umar, Abdul Mu'ti, Budi Gunadi Sadikin, Sri Mulyani, dan Sakti Wahyu Trenggono.

Selain itu, wajah dari kabinet indonesia maju (KIM) milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lainnya juga terlihat seperti Erick Thohir, Raja Juli Antoni, dan Airlangga Hartarto. Mayoritas dari setiap tokoh mengenakan setelan pakaian putih seperti yang digunakan Prabowo-Gibran.  

Terlihat juga, Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang mengenakan pakaian dinas. Bahkan, ada juga Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Panglima TNI Agus Subiyanto mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam.  

Dari informasi yang dihimpun acara pembekalan ini dimulai sejak pukul 7.30 WIB hingga 19.30 WIB serta giat tersebut terencana akan berlangsung selama 2 hari. Oleh sebab itu, Prabowo menyiapkan fasilitas apabila setiap undangan harus menginap.

Sebelumnya Prabowo sudah memanggil kandidat Menteri dan calon menteri dalam 2 hari terakhir di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Ada 49 tokoh yang dipanggil pada 14 Oktober dan 59 tokoh pada 15 Oktober 2024.

Menurut pantauan Bisnis, calon menteri dari Prabowo Subianto pun sudah mulai berdatangan ke Padepokan Garuda Yaksa, sejak 06.15 WIB.

Tiba lebih dulu Mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra yang kemudian disusul Sekretaris Tim Kampanye Nasional Nusron Wahid berselang beberapa menit kemudian.

Selanjutnya juga tiba Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Tak hanya itu, juga tiba Advokat Natalius Pigai, Menteri Sosial Saifullah Yusuf, Politikus Golkar Meutya Hafid, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Mayoritas dari mereka tidak turun dari kendaraan untuk memberi keterangan. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper