Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Mulai Uji Coba Kendalikan Kekuasaan dari IKN

Jokowi mulai melakukan uji coba menjalankan roda pemerintahan dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Presiden Jokowi tiba di IKN pada Selasa (24/9/2024). Rencananya Presiden Jokowi bakal kembali berkantor dan menghadiri gorundbreaking sejumlah proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu (25/9/2024). Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Jokowi tiba di IKN pada Selasa (24/9/2024). Rencananya Presiden Jokowi bakal kembali berkantor dan menghadiri gorundbreaking sejumlah proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu (25/9/2024). Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai melakukan uji coba menjalankan roda pemerintahan dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi membenarkan bahwa sejauh ini dia masih lebih banyak berkegiatan di Jakarta sehingga ke depannya dia ingin lebih banyak menghabiskan waktu di IKN.

“Kita liat kalau kegiatan yang banyak itu memang masih di Jakarta, tetapi kami ingin mencoba, kita kelola dari sini [IKN] seperti apa, manajemen dari sini seperti apa,” ujarnya kepada wartawan usai mendarat di Bandara IKN, Selasa (24/9/2024).

Termasuk, Kepala Negara mengaku bakal bertolak ke daerah dengan menjadikan Bandara IKN Nusantara sebagai titik awal keberangkatan dan titik akhir kepulangan.

“Besok [berangkat juga] di sini. Wong turunnya di sini, naik nyoba dari sana [bandara IKN],” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, kurang dari sebulan lagi, Jokowi akan menyelesaikan tugasnya dan memasuki masa purnabakti pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Jokowi sempat mengaku dirinya ingin menikmati sisa-sisa akhir masa jabatannya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan kurun 40 hari terhitung sejak 11 September 2024—19 Oktober 2024.

Jokowi menginginkan mega proyek IKN, yang telah dibangun sejak masa jabatan periode keduanya itu, menjadi tempat pemberhentian terakhirnya sebelum tongkat estafet kekuasaan dialihkan ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Namun, ekspektasi Jokowi ingin berkantor di IKN ternyata tak seindah realita. Berikut kronologi rencana Jokowi ingin berkantor di IKN, tapi justru jadi keliling Indonesia.

Ekspektasi vs Realita Jokowi Ngantor di IKN

Kamis, 12 September 2024

Dalam catatan Bisnis, kepergian Jokowi untuk bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) justru terjadi pada Kamis (12/9/2024) dengan bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Dia terbang dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Jokowi pun diagendakan untuk melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri yang akan digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN.

Jumat, 13 September 2024

Esok harinya, Jokowi kembali menggelar Sidang Kabinet Paripurna (SKP) di Ruang Sidang Kabinet, Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (13/9/2024) dan merupakan yang terakhir bagi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Selasa, 17 September 2024

Lalu, dalam kurun 3 hari kemudian, tidak ada yang mengetahui di mana Jokowi bermalam. Namun, pada Selasa (17/9/2024) Kepala Negara asal Surakarta itu pun sudah berada di Jakarta untuk meresmikan kawasan Indonesia Islamic Financial Center (IIFC) dan Kantor FIBA Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta Pusat.

Rabu, 18 September 2024

Masih di Jakarta, pada Rabu (18/9/2024) Jokowi kembali melakukan peresmian yang kali ini dalam agenda pembukaan 10 tahun Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Jumat, 20 September 2024

Tak langsung kembali ke IKN, ayah dari Wakil Presiden (wapres) terpilih periode 2024—2029 Gibran Rakabuming Raka itu langsung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (20/9/2024) untuk menghadiri Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII dan Seminar Nasional 2024 yang digelar di Hotel Alila, Kota Surakarta dan melakukan peresmian Jalan Tol Ruas Solo–Yogyakarta–YIA Kulonprogo Seksi I Kartasura-Klaten.

Dari Jawa Tengah, Jokowi menyempatkan diri untuk melipir ke Jawa Timur salah satu giatnya selain mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya dia juga menghadiri pernikahan putra Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Demi menjadi saksi di akad nikah anak Khofifah, Jokowi batal menutup PON XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. Absennya Kepala Negara pun akhirnya digantikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Sabtu, 21 September 2024

Selanjutnya, pada Sabtu (21/9/2024) Mantan Wali Kota Solo itu sudah kembali berada di Istana Merdeka, Jakarta untuk menerima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang melaporkan penugasan sebagai penasihat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper