Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISF 2024, EarthPledge Luncurkan Platform Dukung Proyek Lingkungan Masyarakat

EarthPledge meyakini inisiatif ini merupakan solusi untuk mengatasi kesenjangan krusial antara proyek lingkungan berbasis masyarakat dan dukungan finansial.
EarthPledge yang merupakan wadah generasi muda Indonesia untuk gerakan lingkungan hidup, kembali melakukan inisiatif berupa peluncuran platform digital guna menghubungkan proyek masyarakat dengan sumber pendanaan global/Istimewa
EarthPledge yang merupakan wadah generasi muda Indonesia untuk gerakan lingkungan hidup, kembali melakukan inisiatif berupa peluncuran platform digital guna menghubungkan proyek masyarakat dengan sumber pendanaan global/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – EarthPledge yang merupakan wadah generasi muda Indonesia untuk gerakan lingkungan hidup, kembali melakukan inisiatif berupa peluncuran platform digital guna menghubungkan proyek masyarakat dengan sumber pendanaan global.

Peluncuran itu dilakukan pada gelaran Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024, di mana para pemimpin global dan pemangku kepentingan tengah berkumpul.  Platform ini bertujuan untuk memberikan visibilitas dan sumber daya yang sangat dibutuhkan untuk inisiatif lingkungan yang kekurangan dana, khususnya di komunitas terpencil dan kurang terwakili.

EarthPledge meyakini inisiatif ini merupakan solusi untuk mengatasi kesenjangan krusial antara proyek lingkungan berbasis masyarakat dan dukungan finansial, serta kemampuan teknis yang seringkali kurang.

Christopher Ginting, pendiri EarthPledge menekankan perlunya upaya global yang bersatu. "Kita hidup di satu planet. Permasalahan di negara tetangga adalah permasalahan kita bersama. EarthPledge memfasilitasi kolaborasi sehingga tantangan lingkungan dan keberlanjutan dapat diatasi secara bergandengan tangan, oleh semua pihak dan semua kelompok umur,” ungkapnya dikutip pada Sabtu (7/9/2024).

Platform EarthPledge memanfaatkan teknologi canggih untuk memastikan transparansi dan hasil yang terukur. Proyek-proyek dari seluruh penjuru dunia dapat memperoleh paparan dari para pendukung potensial, sementara donor dapat memantau dampak dari kontribusi mereka, memastikan tingkat akuntabilitas yang jarang terlihat dalam inisiatif-inisiatif akar rumput.

Inisiatif ini telah menjalin kemitraan dengan organisasi lingkungan terkemuka, termasuk Project TERA, CarbonEthics, dan Earth Security. Upaya kolaboratif pertamanya dengan Proyek TERA, yang diluncurkan pada 17 Agustus 2024, bertujuan untuk menanam satu juta pohon bakau.

Program ambisius ini tidak hanya berkontribusi pada pemulihan lingkungan, tetapi juga memperkuat penghidupan masyarakat pesisir yang bergantung pada ekosistem yang sehat.

Shinta Kamdani, Wakil Ketua Divisi Maritim dan Investasi Kadin, memuji inisiatif ini. Dia menggarisbawahi pentingnya dampak yang terukur.

"Semangat perubahan untuk melindungi Bumi ditangani dengan cara yang benar oleh EarthPledge. Dengan menciptakan platform inklusif dan memanfaatkan keberlanjutan teknologi, mereka memastikan bahwa kemajuan tidak hanya terlihat tetapi juga dapat diukur. Pendekatan ini penting untuk menjamin dampak jangka panjang dan mendorong perbedaan nyata dalam mengatasi tantangan lingkungan,” ungkapnya.

Platform EarthPledge dirancang untuk memberdayakan proyek-proyek kecil berbasis komunitas yang sering kali luput dari perhatian, memberi mereka akses ke jaringan dan sumber daya global. Dengan fokus pada akuntabilitas jangka panjang dan hasil yang terukur, EarthPledge bertujuan untuk membangun kepercayaan antara aktivis lingkungan hidup, pemimpin proyek, dan pendukung.

Melaui langkah ini, EarthPledge mengirimkan pesan yang kuat, bahwa perjuangan melawan perubahan iklim memerlukan kolaborasi lintas batas, generasi, dan sektor. Melalui teknologi dan inovasi, EarthPledge membuka jalan bagi era baru aktivisme lingkungan yang inklusif, akuntabel, dan berdampak.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper