Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran Calon Anggota KPU Jawa Barat Dibuka

BISNIS.COM, BANDUNG--Tim seleksi Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Jawa Barat membuka pendaftaran untuk mengisi masa jabatan 5 komisioner anggota KPU Jabar yang segera berakhir.

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Jabar Abdul Aziz mengatakan pembukaan pendaftaran ini seiring dengan turunnya Keputusan KPU Nomor 584/Kpts/KPU/Tahun 2013 tentang pembentukan tim seleksi calon anggota KPU Jabar 2013-2018.

"Anggota KPU yang sekarang masa jabatannya akan habis pada 22 September 2013. Kami harus menyerahkan nama-nama seminggu sebelum masa tugas mereka berakhir," katanya di KPU Jabar, Selasa (23/7/2013).

Menurutnya, pengumuman pendaftaran akan mulai dibuka pada 24 sampai 26 Juli 2013. Selanjutnya pada 27 Juli-5 Agustus tim seleksi akan menerima pendaftaran calon.

Setelah membuka seleksi dan melakukan penjaringan dan penelitian administrasi, maka tim seleksi akan menjaring sebanyak 20 kandidat untuk melaju ke tahapan selanjutnya. 

"Nantinya ke 20 nama itu diumumkan ke publik untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat," tuturnya.

Setelah tahapan ini selesai, maka mulai 15 Agustus akan ada tes tertulis, lalu pada 16-21 Agustus ada tes kesehatan,pada 22 Agustus ada tes psikologi dan wawancara (23-27 Agustus). "Di sesi wawancara kami akan mengklarifikasi semua masukan dari masyarakat dan mendapat penjelasan dari yang bersangkutan," ujarnya.

Selanjutnya dari 20 kandidat, pihaknya akan mengerucutkan menjadi 10 nama untuk diserahkan ke KPU Pusat pada 14 September untuk kemudian dilakukan fit and profer test pada 16-21 September 2013.

Dan 5 anggota KPU Jabar terpilih akan disusun berdasarkan peringkat seleksi para calon. "Pada 24 September dilakukan pelantikan anggota KPU Jabar," katanya.(k57)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper