Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna Sumpah Pemuda di Era Modern

Apakah makna Sumpah Pemuda di era modern, bagi generasi muda, generasi milenial dan gen Z?
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Sabtu (28/10/2023)./Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Sabtu (28/10/2023)./Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA - Sumpah Pemuda merupakan hasil dari perjuangan para pemuda dan seluruh masyarakat Indonesia. Ikrar Sumpah pemuda menjadi tanda semangat masyarakat berdirinya negara Indonesia.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Museum Sumpah Pemuda di Jakarta, Senin (28/10/2024), sejarah Sumpah Pemuda, berawal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) menginisiasi diselenggarakannya Kongres Pemuda yang diselenggarakan sebagai bentuk upaya mewujudkan persatuan pemuda. 

Janji dalam Sumpah Pemuda membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terurama para pemuda. Momentum deklarasi Sumpah Pemudah ini menjadi tanda penegas akan Kemerdekaan Republik Indonesia. Isi Sumpah Pemuda mengandung makna yang sentimental bagi bangsa Indonesia.

Simak isi Sumpah Pemuda:

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Nah, apakah makna Sumpah Pemuda di era modern, bagi generasi muda, generasi milenial dan gen Z?

Nilai-nilai Sumpah Pemuda bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud nasionalisme. Misalnya, generasi muda bisa menerapkan kesetaraan gender, suku, agama, dan ras untuk mempertahankan kesatuan bangsa.

Wujud kesetaraan ini menjadi tanda bahwa generasi muda menghargai perbedaan yang ada, seperti suku, agama, ras dan golongan.

Dilansir dari situs Kemenkeu, Senin (28/10/2024), salah satu makna yang dapat dipetik dari sumpah pemuda yakni menghargai perbedaan yang ada, meningkatkan rasa cinta Indonesia di tengah era globalisasi ini, semangat belajar, berkarya dan berinovasi demi mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik.

Simak Makna Sumpah Pemuda bagi generasi muda di masa kini:

1. Saling Menghormati dan Menghargai Sesama Anak Bangsa

Generasi Muda harus mencontoh semangat Sumpah Pemuda yang digaungkan para pemuda di tahun 1928. Di masa itu, meskipun mereka berbeda suku, budaya, agama dan ras, tetapi dapat berjuang bersama.

Pada era modern, intoleransi pun meningkat, para pengguna media sosial, saling serang komentar dan saling ejek satu sama lain seolah menjadi makanan setiap hari.

Generasi muda yang cerdas, bisa lebih bijak dan saling menghargai dan menghormati setiap orang.

2. Stop Hoaks, Terus Sebarkan Pesan Positif

Media sosial semakin banyak kabar bohong (hoaks). Bagi generasi muda, maka sebaikya berhenti menyebarkan berita hoaks dan bijak menggunakan media sosial agar lebih bermanfaat.

3. Menanamkan rasa bangga terhadap Tanah Air

Makna Sumpah Pemuda bagi generasi kini adalah bangga dengan segudang kebudayaan. Jika warga negara lain saja bangga terhadap kebudayaan Indonesia, maka pemuda Indonesia bangsa harus lebih bangga lagi.

4. Menggunakan Produk Buatan Anak Bangsa

Di Indonesia sangat banyak sekali produk impor, maka sebaiknya generasi muda bisa menggunakan produk dalam negeri sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia.

Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa produk buatan anak bangsa kurang baik jika dibandingkan dengan produk dari luar negeri. Pemuda harus menumbuhkan rasa cinta dalam menggunakan produk-produk buatan anak bangsa untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

5. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar

Bahasa Indonesia bersifat universal dan lebih mudah dimengerti seluruh orang. Banyak pemuda yang lebih suka menggunakan bahasa gaul untuk berkomunikasi dan itu menyulitkn untuk berkomunikasi antargenerasi. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper