Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arahan Prabowo ke Kabinetnya Demi Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 8%

Presiden Prabowo Subianto meminta kabinetnya bahu membahu mengejar target pertumbuhan ekonomi 8%.
Presiden Prabowo Subianto saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna (SKP) perdana di Ruang Sidang Kabinet, Jakarta (23/10/2024). - Humas Setkab/Rahmat).
Presiden Prabowo Subianto saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna (SKP) perdana di Ruang Sidang Kabinet, Jakarta (23/10/2024). - Humas Setkab/Rahmat).

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto meminta kabinetnya bahu membahu mengejar target pertumbuhan ekonomi 8%.

Hal ini disampaikan Prabowo saat memberikan pidato agenda Retreat Kabinet Merah Putih hari pertama di kompleks Akademi Militer (Akmil), Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (25/10/2024).

Indonesia sedang menghadapi berbagai macam tantangan untuk keluar dari jebakan negara dengan penghasilan menengah alias middle income trap country.

Tantangan paling kentara adalah stagnasi ekonomi yang dalam sepuluh tahun ini rata-rata hanya tumbuh 4,2%, struktur ekonomi yang masih tergantung komoditas hingga penurunan kontribusi manufaktur terhadap produk domestik bruto (PDB).

Lemahnya kontribusi manufaktur itu terkonfirmasi dengan tumbangnya beberapa perusahaan manufaktur. Peristiwa terbaru adalah raksasa tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex yang diputus pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang.

Apa Arahan Prabowo?

Wakil Menteri Transmigrasi, Viva Yoga Mauladi mengamini Presiden Ke-8 RI itu mengarahkan agar seluruh anggota kabinet untuk bekerja sama dan bergotong royong demi mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen.

"Dia mengintruksikan kepada anggota kabinet untuk mencintai bangsa dan negara. Jiwa nasionalisme harus menjadi fokus utama dalam perjuangan di pemerintahan. Bekerja keras dan fokus dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi 8%," ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Jumat (25/10/2024).

Di sisi lain, dia mengungkap suasana retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) berjalan dengan penuh keakraban dan saling mendekatkan diri.

"Suasananya penuh keakraban, saling mendekatkan diri sehingga nanti akan terjadi sinergitas program dan menghilangkan tumpang-tindih program di lapangan," pungkas Viva Yoga.

Retreat Lembah Tidar

Untuk diketahui, berlokasi di Borobudur International Golf, yang terletak di kawasan Akademi Militer. Menteri dan wakil menteri (wamen) telah bersiap dibangunkan sejak pukul 04:00 WIB untuk melakukan kegiatan berolahraga dan latihan baris berbaris itu.

Setibanya mereka di lapangan sudah dinantikan oleh Prabowo sebagai orang pertama yang hadir di lapangan.

Pada momen itu, para anggota kabinet dibagi ke dalam lima group kelompok. Adapun, pada setiap group disediakan masing-masing tiga orang pelatih baris berbaris. Usai menjalani latihan baris berbaris, acara ditutup dengan foto bersama pose komando.

Kemudian, para jajaran Kabinet Merah Putih melanjutkan agenda pembukaan dan pengarahan pertama oleh Prabowo di Borobudur Golf untuk selanjutnya diberikan pembekalan oleh para pemateri.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper