Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riuh Status Titiek Soeharto, Ini Warisan Jokowi untuk Ibu Negara Era Prabowo

Titiek Soeharto hadir saat Presiden Prabowo Subianto dilantik MPR hingga melantik Menteri-menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara.
Presiden Prabowo Subianto, Titiek Soharto, dan Didit Hediprasetyo
Presiden Prabowo Subianto, Titiek Soharto, dan Didit Hediprasetyo

Bisnis.com, JAKARTA — Siti Hediyati Hariyadi atau lebih dikenal dengan Titiek Soeharto, putri Presiden ke-2 Soeharto, tengah viral di media sosial menyangkut statusnya sebagai Ibu Negara di laman Wikipedia (saat berita ini dibuat, informasi tersebut sudah diedit).

Titiek Soeharto sendiri juga sempat merepost statusnya di laman Wikipedia dalam story resminya di Instragram @titiksoeharto bersamaan dengan foto resmi Prabowo Subianto dan saat Presiden melantik sejumlah menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara pada Senin (21/10/2024).

Titiek, yang bergabung dengan Partai Gerindra dan diangkat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra serta terpilih menjadi Anggota DPR-RI mewakili dapil Daerah Istimewa Yogyakarta untuk periode 2024-2029, sejatinya telah berpisah dengan Presiden Prabowo sejak Mei 1998 saat terjadi kerusuhan yang sekaligus meruntuhkan orde baru Soeharto.

Titiek menikah dengan Prabowo pada 9 Mei 1983 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang merupakan salah satu warisan penting dari Tien Soeharto, first lady saat kepemimpinan Soeharto.

Riuh soal ibu negara ini juga sudah ramai sejak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi), menang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden dalam pemilu 2024 Februari lalu.

Kala itu, sejumlah media asing juga menyoroti posisi first lady yang bakal absen dalam kepemimpinan Prabowo-Gibran pada periode 2024-2029.

Bahkan, sempat beredar kabar bahwa Selvi Ananda, istri dari Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, dapat bertindak sebagai first lady dalam acara-acara resmi kenegaraan.

Daftar Ibu Negara di Indonesia:

  • Fatmawati

Ibu Negara pertama yang merupakan istri dari Presiden Sukarno yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional karena menjahit bendera merah putih untuk Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945

  • Siti Hartinah atau Tien Soeharto

Ibu Negara terlama yang merupakan istri dari Presiden ke-2 Soeharto

  • Hasri Ainun Habibie

Ibu Negara yang merupakan istri dari Presiden ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie

  • Shinta Muriyah Wahid

Ibu Negara yang merupakan istri dari Presiden ke-4 Abdurrachman Wahid atau Gus Dur

  • Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono

Ibu Negara yang merupakan istri dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono

  • Iriana

Ibu Negara yang merupakan istri dari Presiden ke-7 Joko Widodo

Lalu bagaimana posisi first lady atau ibu negara di Indonesia?

Sejatinya, tidak ada aturan resmi dan formal yang mengatur harus ada dan tidaknya Ibu Negara maupun posisi dan tugas ibu negara. Pun juga kedudukan dan kewenangan Ibu Negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

tangkapan layar media sosial Titik Soeharto
tangkapan layar media sosial Titik Soeharto

Meski demikian, pengakuan atas keberadaan Ibu Negara ternyata ada dan tercantum dalam salah satu aturan perundang-undangan.

Bahkan Presiden Jokowi sendiri yang menekan aturannya menjelang lengser pada 18 Oktober 2024.

Pernyataan dan pengakuan soal Ibu Negara tercantum dalam Perpres No. 137/2024 tentang Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, dan Staf Khusus Wakil Presiden, yang dimasukkan dalam Lembaran Negara RI Tahun 2024 Nomor 247.

Pasal 44 Perpres No. 137/2024 pada ayat 1 dan poin c menyebutkan, “khusus Sekretaris Pribadi Presiden, 2 (dua) Asisten diantaranya diperbantukan kepada Ibu Negara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper