Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Dapat Jatah Kursi Paling Banyak di Kabinet Prabowo, Ini Daftarnya

Partai Golkar berpotensi memeroleh jatah kursi paling banyak dalam komposisi Kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming.
Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia melambaikan tangan saat tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia melambaikan tangan saat tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Golkar berpotensi memeroleh jatah kursi paling banyak dalam komposisi Kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming. 

Berdasarkan catatan Bisnis, sudah ada delapan politisi Partai Beringin yang sudah menyambangi rumah Prabowo. 

Kedelapan calon menteri itu antara lain, Nusron Wahid, Wihaji, Maman Abdurrahman, Bahlil Lahadalia, Agus Gumiwang Kartasasmita, Dito Ariotedjo, Meuty Hafid hingga Airlangga Hartarto. 

Adapun sebagian nama tersebut merupakan menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya yakni Bahlil, yang juga Ketua Umum Golkar, merupakan Menteri ESDM. 

Kemudian, ada Airlangga yang masih menjabat Menko Perekonomian, Dito menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), serta Agus merupakan Menteri Perindustrian. 

Setelah Golkar, kader Gerindra paling banyak yang mendatangi Kertanegara. Hal itu kendati Prabowo sebagai presiden terpilih merupakan Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra. 

Beberapa politisi Gerindra yang terlihat menyambangi rumah Prabowo kemarin adalah Prasetyo Hadi, Sugiono, Fadli Zon, Maruarar Sirait serta Supratman Andi Agtas. Hanya Supratman yang saat ini sudah menjabat menteri yakni Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). 

Adapun Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad terlihat menyambut kedatangan para bakal calon menteri Prabowo itu. 

Berikutnya, tiga orang politisi Partai Demokrat terlihat menyambangi rumah presiden terpilih. Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terlihat hadir, yang saat ini juga menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

Selain AHY, ada Teuku Riefky Harsya dan M. Iftitah Sulaiman yang terlihat mendatangi rumah Prabowo. 

Masih dalam lingkaran Koalisi Indonesia Maju (KIM), Partai Amanat Nasional (PAN) serta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga diketahui bakal mendapatkan kursi menteri. 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Waketum PAN Yandri Susanto terlihat hadir di Kertanegara kemarin. Sementara itu, perwakilan PSI yang dipanggil yakni Sekjen Raja Juli Antoni. 

Zulkifli atau Zulhas, saat ini menjabat Menteri Perdagangan, sedangkan Raja Juli merupakan Wakil Menteri ATR. 

Adapun politisi partai di luar koalisi pendukung Prabowo–Gibran saat Pilpres lalu ikut diundang ke Kertanegara. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, yang juga cawapres Anies Baswedan terlihat mendatangi kediaman Prabowo. 

Selain Muhaimin atau Cak Imin, politisi PKB Abdul Kadir Karding juga mendatangi Kertanegara. 

Belum Selesai

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto memastikan calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan yang dipanggil ke kediamannya di Kertanegara, Senin (14/10/2024), sanggup menjalankan tugasnya di kabinet pemerintahan yang baru.

Pria yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan itu menyebut telah cukup lama memantau para calon menterinya, berdiskusi, dan menyatakan keinginannya menjadikan mereka sebagai menteri, wakil menteri, dan kepala badan di pemerintahan ke depan.

“Sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya, hari ini hanya mengkonfirmasi. Saya konfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah, semuanya menyatakan sanggup,” katanya.

Adapun pemanggilan bakal calon menteri, wakil menteri serta kepala badan/lembaga negara lainnya bakal dilanjutkan hari ini, Selasa (15/10/2024). Kemudian, para bakal calon menteri akan diundang ke Hambalang pada hari berikutnya, Rabu (16/10/2024). 

Proses ini sejalan dengan agenda menuju pembacaan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Agenda itu juga menandai akhir pemerintahan Presiden Jokowi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper