Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Yayasan dan Bisnis Veronica Tan yang Bakal jadi Menteri Kabinet Prabowo

Simak sederet yayasan dan bisnis Veronica Tan, yang ditunjuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak oleh Prabowo Subianto.
Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA  — Nama Veronica Tan kian melambung usai mantan istri Basuki Tjahja Purnama alias Ahok tersebut ditunjuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak oleh Prabowo Subianto. Lantas, seperti apa sosoknya?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, Veronica lahir pada Desember 1977 di Medan, Sumatra Utara. Tercatat, saat ini dia merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta. 

Terkait pendidikannya, diketahui usai menamatkan SMA, Veronica Tan pindah ke Jakarta dan mengambil jurusan arsitektur di Universitas Pelita Harapan.

Veronica Tan nyatanya telah dikenal sebagai seorang pengusaha, sosiopreneur, dan filantropis. Salah satu yayasan non-profit yang didirikannya adalah Yayasan Waroeng Imaji, yang bertujuan utama untuk membina dan menyalurkan minat dan bakat anak-anak rusun DKI Jakarta dalam bidang seni budaya, keterampilan, dan meningkatkan literasi. 

“Yayasan Waroeng Imaji yang digagas oleh Ibu Veronica Tan beserta beberapa orang rekannya yang awalnya merasa terpanggil untuk turut membina, mengayomi, serta menghibur anak-anak,” tulis keterangan resmi yang dikutip Selasa (15/10/2024). 

Adapun, visi dari Yayasan Waroeng Imaji adalah membangun karakter yang baik pada anak sedini mungkin agar dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang berkompeten baik secara mental, intelektual maupun keterampilan. 

Selanjutnya, misi dari Yayasan Waroeng Imaji yakni menyelenggarakan berbagai kegiatan yang positif untuk anak-anak, terutama di bidang seni budaya seperti seni suara, drama, seni musik, dan sebagainya.

Lebih lanjut, mengutip dari Instagram pribadinya, @veronicatan_official, dirinya memiliki sejumlah portofolio bisnis yang beragam, yakni mencakup investasi di sektor layanan kesehatan yang bernama LoveCare hingga bisnis daging premium bernama Alpha Agro Indonesia.

Apabila dirinci, PT Hati Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan LoveCare merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani kebutuhan jasa profesional kesehatan, seperti perawat dan terapis. 

“Lahir dari pengalaman pribadi serta keinginan untuk melayani dan membuat perubahan di sektor layanan kesehatan, perusahaan ini didirikan pada tahun 2019 di Jakarta oleh Veronica Tan, Annette Anhar, Susan Nio, Dr.Venita Eng, dan Renold Sutadi,” tulis manajemen dalam situs Lovecare.id.

Sebagaimana diketahui, Vero menjadi salah satu perempuan yang masuk dalam daftar calon menteri pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Wanita yang akrab disapa Vero itu mengaku tidak mau membocorkan terlalu banyak soal jabatannya nanti. Menurutnya hal tersebut merupakan hak prerogatif dari Prabowo Subianto.

"Iya [Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak]. Nanti biar Pak Prabowo yang sampaikan detailnya," tutur Vero di Jakarta, Senin (14/10).

Vero juga mengaku kaget bahwa dirinya mendadak ditunjuk menjadi menteri. Dia mengatakan bahwa dirinya mendadak di telepon oleh ajudan Prabowo yaitu Mayor Teddy untuk merapat ke Kertanegara.

Presiden terpilih Prabowo Subianto memang berencana menuntaskan pemanggilan para calon menteri dan kepala lembaga malam Senin (14/10/2024). Hal tersebut disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad usai menemui Prabowo Subianto di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara Jakarta Selatan. 

Dasco mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan kader PDI-Perjuangan juga ada yang dipanggil Prabowo Subianto untuk menemani dirinya di pemerintahan nanti. "Kita lihat saja nanti ya," katanya. 

Menurutnya, semua nama yang dipanggil Prabowo Subianto sudah menandatangani pakta integritas dan sudah siap menjadi menteri maupun kepala lembaga negara. 

"Iya, jadi itu keinginan dari Presiden terpilih ya. Jadi, untuk yang membantu di kabinet itu ada beberapa poin yang dicantumkan di dalam pakta integritas," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper