Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badai Milton Terjang Florida, Picu 19 Tornado Mematikan

19 tornado mematikan dan ancaman gelombang setinggi 4 meter muncul akibat badai milton
Gelombang tinggi yang disebabkan oleh topan Khanun menghantam tembok laut di Seogwipo di Pulau Jeju, Korea Selatan, 9 Agustus 2023. Yonhap via REUTERS
Gelombang tinggi yang disebabkan oleh topan Khanun menghantam tembok laut di Seogwipo di Pulau Jeju, Korea Selatan, 9 Agustus 2023. Yonhap via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Badai Milton menghantam pantai barat Florida, memicu tornado mematikan, menghancurkan rumah-rumah dan memicu banjir bandang serta pemadaman listrik.

Milton menjadi badai dengan intensitas tercepat ketiga yang pernah tercatat di Atlantik, berkembang dari Kategori 1 menjadi Kategori 5 dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dilansir dari reuters, badai tersebut menghantam sekitar pukul 20.30. EDT (0030 GMT) sebagai badai Kategori 3 dengan kecepatan angin maksimum 120 mil per jam (195 kpj) di dekat Siesta Key, AS. kata Pusat Badai Nasional.

Pada jam 11 malam EDT (0300 GMT), kecepatan angin berkurang menjadi 105 mph (165 kph), menjatuhkan Milton ke badai Kategori 2, namun masih dianggap sangat berbahaya.

Pusat badai berada 75 mil (120 km) barat daya Orlando di tengah negara bagian tersebut. Keadaan darurat banjir bandang diberlakukan di wilayah Tampa Bay termasuk kota Tampa, St. Louis. Petersburg dan Clearwater, kata pusat badai, dengan St. Petersburg sudah menerima curah hujan 16,6 inci (422 mm) pada hari Rabu.

Puncak badai menerjang daratan di Siesta Key, sebuah kota pulau penghalang berpenduduk sekitar 5.400 jiwa di lepas pantai Sarasota, sekitar 60 mil (100 km) selatan wilayah metropolitan Tampa Bay, yang merupakan rumah bagi lebih dari 3 juta orang.

Gubernur Ron DeSantis berharap pantai barat Florida dapat menghindari gelombang badai terburuk yang diperkirakan. Peramal cuaca mengatakan air laut bisa naik setinggi 13 kaki (4 meter).

DeSantis juga berharap Tampa Bay, dapat menghindari kerusakan besar dan memungkinkan pelayaran dilanjutkan segera setelah badai berlalu.

Milton sudah menimbulkan sedikitnya 19 tornado. Beberapa korban jiwa dilaporkan di komunitas pensiunan menyusul dugaan tornado di Fort Pierce di pantai timur Florida, ABC News melaporkan, mengutip St. Louis. Sheriff Kabupaten Lucie Keith Pearson. Departemennya tidak segera menanggapi permintaan rincian.

Tornado menyebabkan kerusakan di banyak wilayah, dan menghancurkan sekitar 125 rumah, sebagian besar adalah rumah mobil, kata DeSantis.
Lebih dari 1,3 juta rumah dan bisnis di Florida tanpa aliran listrik.

Setelah melewati Florida, badai tersebut akan melemah di Atlantik barat, kemungkinan turun di bawah kekuatan badai pada Kamis malam, namun tetap akan menimbulkan bahaya gelombang badai di pantai Atlantik negara bagian tersebut.

Angin badai tropis melanda sebagian besar negara bagian tersebut. Di laut, badai tersebut menciptakan gelombang setinggi hampir 28 kaki (8,5 meter), kata Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Hewan di Kebun Binatang Keluar

Sementara manusia yang dievakuasi memadati jalan raya dan menyebabkan kekurangan bensin, hewan-hewan termasuk gajah Afrika, flamingo Karibia, dan kuda nil kerdil berhasil keluar dari badai di kebun binatang Tampa.
Hampir seperempat pompa bensin di Florida kehabisan bahan bakar pada Rabu sore.

Badan Manajemen Darurat Federal telah memindahkan jutaan liter (galon) air, jutaan makanan dan persediaan serta personel lainnya ke wilayah tersebut. Tidak ada bantuan tambahan yang akan mengurangi upaya pemulihan Badai Helene, kata administrator badan tersebut, Deanne Criswell, pada Rabu pagi.

Sekitar 9.000 personel Garda Nasional dikerahkan di Florida, siap membantu upaya pemulihan, begitu pula 50.000 pekerja jaringan listrik untuk mengantisipasi pemadaman listrik yang meluas, kata DeSantis.

Tim pencarian dan penyelamatan bersiap untuk berangkat segera setelah badai berlalu, bekerja sepanjang malam jika diperlukan.

Sembilan belas rumah sakit dievakuasi, kata Asosiasi Rumah Sakit Florida. Rumah mobil, panti jompo, dan fasilitas tempat tinggal berbantuan menghadapi evakuasi wajib.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper