Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua MPR Muzani Minta Seluruh Elite Politik Sukseskan Pelantikan Prabowo-Gibran

Ahmad Muzani mengemukakan pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober.
Ketua MPR RI 2024-2029 sekaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Dok TV Parlemen
Ketua MPR RI 2024-2029 sekaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Dok TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua MPR RI periode 2024-2029 Ahmad Muzani mengemukakan pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober mendatang merupakan agenda kenegaraan yang penting. 

Hal ini disampaikannya dalam pidato setelah dirinya ditetapkan sebagai Ketua MPR RI periode baru di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024). 

“Agenda kenegaraan yang penting setelah ini adalah kita akan segera melakukan tugas konstitusional kita yang penting yakni melantik Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2024 tanggal 20 Oktober hari Minggu,” tutur Ketua MPR baru tersebut.

Muzani melanjutkan, dengan itu diperlukan kerja sama yang baik antara seluruh anggota MPR, para pimpinan partai politik, dan seluruh fraksi DPD agar pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden nanti sukses.

Menurutnya, agenda pelantikan ini adalah suatu bukti bahwa Indonesia telah melangkah maju dalam melaksanakan demokrasi yang baik.

“Kita bangga bahwa demokrasi yang kita laksanakan di Indonesia adalah demokrasi pancasila, yakni demokrasi yang ber-ruh kebangsaan yang memuliakan, merawat keberagaman, dan membangun persatuan dalam keberagaman dan perbedaan, serta mewujudkan impian kebersamaan dalam rumah besar Indonesia, rumah besar Pancasila,” ucapnya.

Dengan demikian, Muzani menegaskan hal tersebutlah yang harus terus dijaga pada masa masa yang akan datang karena MPR memiliki tugas itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad memastikan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan berlangsung pada 20 Oktober 2024, meskipun tanggal tersebut adalah Minggu.

“Ya kalau menurut aturan yang ada bahwa pelantikan itu ya 20 Oktober, sehingga mau dia jatuhnya hari Minggu akan tetap dilaksanakan,” tuturnya saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper