Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Pastikan Pilot Susi Air Sudah Dikembalikan ke Pemerintah Selandia Baru

Menhan Prabowo Subianto memastikan bahwa Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens telah diserahkan ke Duta Besar (Dubes) Selandia Baru usai tiba di Jakarta.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Dok Instagram @prabowosubianto
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Dok Instagram @prabowosubianto

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan bahwa Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens telah diserahkan ke Duta Besar (Dubes) Selandia Baru usai tiba di Jakarta.

Hal ini dia sampaikan dalam agenda pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (22/9/2024).

“Sudah, sudah, secara pemerintahan sudah kita serahkan kepada pemerintah New Zealand,” ujarnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Presiden terpilih periode 2024—2029 itu pun menambahkan bahwa Philip berhasil dibebaskan usai negosiasi yang cukup alot dengan KKB Egianus Kogoya. Meskipun demikian, Philips berhasil dibebaskan usai pendekatan soft approach kepada KKB tersebut.

“Ya visi misi saya adalah untuk membebaskan sandera dengan soft approach. dan kami sudah lama sekali untuk bernegosiasi, kemudian melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI, Polri, dan juga Forkopimda yang ada di wilayah tersebut, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,” tuturnya.

Selanjutnya, kata PRabowo, usai dijemput oleh Satgas Cartenz di Distrik Maibarok, Nduga pihaknya langsung melakukan pemeriksaan medis terhadap Philip. 

Kemudian, dia melanjutkan usai menerima keterangan kondisi baik kesehatan maupun psikologis dari pilot berkebangsaan Selandia Baru itu dinyatakan cukup baik hingga bisa diterbangkan ke Jakarta. Sehingga, kini seluruh tanggung jawab terkait Pilot Susi Air itu telah diserahkan ke Kedubes Selandia Baru di Jakarta.

“Kemarin malam saya dengan Kapolri dan Menkopolhukam atas nama pemerintah, sudah menyerahkan kepada pemerintah New Zealand dan diterima oleh duta besar New Zealand yang ada di Indonesia,” pungkas Prabowo.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper