Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Lapor Jokowi, Ungkap Tugas Internasional Berantas Malaria

Bertemu di Istana, SBY lapor ke Jokowi bahwa dirinya mendapat tugas internasional untuk berantas penyakit malaria.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kehadiran Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). JIBI/Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kehadiran Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024). JIBI/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Sabtu (21/9/2024). 

Dengan memakai baju batik berwarna cokelat, SBY menuturkan pertemuannya menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhubungan dengan peran dan amanah yang ia jalankan sebagai penasehat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria.

“Saya mendapatkan amanah untuk menjadi special advisor di Asia Pasifik, wakil Asia Pasifik ada dan Afrika ada, dan seluruh dunia ada global council yang ada di New York, dan saya melapor pada Pak Jokowi ,” ungkap SBY  di Istana Merdeka, Sabtu (21/9/2024).

SBY mengatakan bahwa agenda pertemuannya adalah etika politik. Siapapun yang mendapat peran di dunia internasional, menurutnya wajib untuk melapor kepada Presiden. Terlebih, ia merupakan mantan Presiden, sehingga dinilai wajib untuk menyampaikan tugas tersebut kepada Presiden. 

Tak hanya itu, SBY juga menilai bahwa tugas yang ia terima adalah penting, lantaran ada kewajiban internasional untuk melawan malaria dari muka bumi agar tidak semakin menjadi-jadi. 

“Kita kena, Covid-19 yang luar biasa kemarin, pandemi itu dan kita tidak ingin masih ada malaria yang belum bisa diatasi di seluruh dunia. Indonesia sendiri, utamanya Papua sedikit Nusa Tenggara Timur (NTT), sedikit Maluku, dan sedikit lagi di Kalimantan Timur,” jelas SBY. 

Pendiri Partai Demokrat itu juga menyampaikan bahwa Indonesia juga memiliki kepentingan untuk menurunkan angka penyakit Malaria. Ia juga berkomitmen untuk melawan Malaria di Asia Pasifik. 

“Dan saya juga punya komitmen untuk Asia Pasifik, saya pamit tadi untuk berangkat ke New York selama sekitar 1 minggu untuk membahas ini,” tutur SBY. 

Tak hanya bertemu Jokowi, SBY juga mengungkapkan keinginannya untuk melapor dengan sang Presiden Terpilih, Prabowo Subianto. 

“Tentu saya juga akan melapor kepada Pak Prabowo, presiden terpilih karena tahun depan akan ada summit di Indonesia dan yang memimpin adalah Pak Prabowo sebagai Presiden tahun depan dan seterusnya, begitu yang saya sampaikan,” ucapnya. 

Diberitakan sebelumnya, Presiden ke-6 Indonesia sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yakni SBY diundang oleh Bill Gates untuk menghadiri Malaria Summit di New York, Amerika Serikat. 

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam acara peringatan HUT ke-23 Partai Demokrat yang digelar di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024).

 "Alhamdullilah, orang tua kita Bapak Susilo Bambang Yudhoyono mendapatkan sebuah penghormatan dan diundang langsung oleh Bill Gates untuk hadir sebagai salah satu tokoh di New York, Amerika Serikat, dalam rangka perang melawan malaria sedunia, and malaria summit," jelas AHY dalam pidatonya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper