Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Identitas Mayat yang Membeku di Gunung Appalachian Terungkap Setelah 47 Tahun Penyidikan

Setelah proses 50 tahun penyelidikan, akhirnya identitas mayat membeku di sebuah gua terungkap
Appalachian mountains/national park service
Appalachian mountains/national park service

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi berhasil memecahkan misteri 'Manusia Pinnacle' yang mayatnya ditemukan pada tahun 1977 atau 47 tahun lalu.

Mayat pria itu ditemukan membeku di sebuah gua di Pennsylvania hampir lima dekade lalu, dan akhirnya teridentifikasi setelah polisi melacak bukti sidik jari yang telah lama hilang.

Dilansir dari Guardian, Kantor koroner Berks county, Pennsylvania mengidentifikasi pria itu sebagai Nicholas Paul Grubb, 27, dari Fort Washington, Pennsylvania.

Grubb telah lama dikenal sebagai “Manusia Puncak”, yang sering mendaki puncak gunung Appalachian di dekat tempat para pendaki menemukan tubuhnya pada tahun 1977. Pada saat itu, pihak berwenang mengatakan tidak ada indikasi pelanggaran dan menganggap kematiannya sebagai bunuh diri karena narkoba. 

Mereka tidak dapat mengidentifikasi tubuh Grubb dari penampilan, barang atau pakaiannya. Selama otopsi Grubb, pemeriksa mengumpulkan informasi gigi dan sidik jarinya, namun sidik jarinya salah tempat, meninggalkan para penyelidik dengan sketsa sederhana dan sedikit hal lainnya.

Pihak berwenang meninjau kembali kasus ini secara berkala, ketika bukti-bukti yang menjanjikan muncul, namun identitas Grubb tetap menjadi misteri.

“Selama 15 tahun terakhir, detektif dari kepolisian negara bagian dan penyelidik dari kantor koroner membandingkan informasi Nicolas dengan tidak kurang dari 10 orang hilang melalui sidik jari dan rontgen gigi,” John Fielding, petugas koroner wilayah Berks.

Jenazahnya digali pada tahun 2019 setelah catatan gigi mengaitkan Grubb dengan dua orang hilang, di Illinois dan Florida.

Pemeriksa forensik melakukan pemeriksaan, mengumpulkan sampel DNA untuk memperbarui informasinya di Sistem Orang Hilang dan Tak Dikenal Nasional (NamUs). Data tersebut tidak cocok untuk orang hilang tersebut.

Pada bulan Agustus 2024, polisi negara bagian Pennsylvania Ian Keck menemukan kartu sidik jari Grubb yang hilang yang diambil selama otopsi pada tahun 1977 dan mengirimkannya ke NamUs. Seorang ahli sidik jari FBI mencocokkan sidik jari tersebut dengan sidik jari Grubb hanya dalam 53 menit.

Grubb pernah menjadi anggota garda nasional Angkatan Darat Pennsylvania pada awal tahun 1970an.

Dia melakukan “interaksi polisi” di Colorado dua tahun sebelum kematiannya; pertemuan ini menyebabkan sidik jarinya disimpan di Sistem Identifikasi Sidik Jari Otomatis.

Ketika Grubb ditemukan, dia mengenakan pakaian tipis dan tidak membawa perlengkapan berkemah atau makanan, dan ada bukti bahwa dia mencoba menyalakan api, menunjukkan bahwa dia tidak siap menghadapi kondisi bersalju, menurut laporan.

Pihak berwenang mengatakan mereka akan terus menyelidiki penyebab kematian Grubb sampai mereka membuat keputusan akhir.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper