Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Pangan India jadi Sorotan, 12% Produk Rempah Tak Penuhi Standar Kualitas

Sejumlah sampel produk rempah India yang diuji tidak memenuhi standar kualitas dan keamanan pangan.
Ilustrasi rempah-rempah/JIBI-Dwi Prasetya
Ilustrasi rempah-rempah/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 12% dari sampel rempah yang diuji oleh otoritas India tidak memenuhi standar kualitas dan keamanan. Hasil ini keluar usai sejumlah negara mengambil langkah terkait risiko kontaminasi dari dua merek terkenal.

Dilansir dari Reuters pada Senin (19/8/2024), Otoritas Keamanan dan Standar Pangan India melaksanakan inspeksi, sampling, dan uji terhadap campuran rempah setelah Hong Kong menghentikan penjualan sejumlah produk dari MDH dan Everest pada April 2024 karena tingkat pestisida tinggi.

Lalu, Pemerintah Inggris juga memperketat pengawasan seluruh rempah yang diimpor dari India, sedangkan Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Australia menyatakan akan memeriksa lebih lanjut masalah dengan produk merek-merek itu.

Sementara itu, MDH dan Everest menyatakan produk mereka aman untuk dikonsumsi. Rempah-rempah produk ini merupakan salah satu yang paling terkenal di India, yang merupakan eksportir, produsen, dan konsumen terbesar rempah di dunia. Produk rempah-rempah ini dijual di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Data yang didapatkan Reuters di bawah peraturan hak untuk mendapatkan informasi, menunjukkan 474 dari 4.054 sampel yang diuji pada Mei dan Juli 2024 tidak memenuhi standar kualitas dan keamanan.

Badan keamanan pangan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak memiliki perincian merek rempah-rempah yang diuji, tetapi mengambil tindakan yang diperlukan terhadap perusahaan-perusahaan yang terlibat.

"Tindakan terhadap sampel yang tidak sesuai telah diambil sebagaimana ditetapkan," katanya, mengacu pada ketentuan hukuman berdasarkan hukum India, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Reuters juga meminta laporan tentang semua sampel yang gagal dalam pengujian, tetapi lembaga tersebut mengatakan laporan tersebut tidak tersedia.

Menurut Zion Market Research, pasar rempah-rempah domestik India bernilai US$10,44 miliar pada tahun 2022. Ekspor rempah-rempah dan produk rempah-rempahnya mencapai rekor US$4,46 miliar pada tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper