Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tungku Smelter PT LSI di Morowali Bocor, Pekerja Dievakuasi!

PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengonfirmasi kabar kebocoran salah satu tungku smelter milik PT Lestari Smelter Indonesia (LSI).
Salah satu pabrik pengolahan baja di Kawasan Industri Morowali/imip.co.id
Salah satu pabrik pengolahan baja di Kawasan Industri Morowali/imip.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Pengelola kawasan industri Morowali, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) membantah insiden kebocoran salah satu tungku smelter milik PT Lestari Smelter Indonesia (LSI) pada Jumat (9/8/2024) sekitar pukul 19.00 WITA.

Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan memastikan kejadian ini tidak menimbulkan korban luka, cedera, ataupun meninggal. Dedy menuturkan, sekitar 40 karyawan yang tengah bekerja pada malam itu langsung dievakuasi ke tempat yang aman.

“Operasional tungku itu dihentikan sementara untuk dilakukan proses investigasi lebih lanjut. Yang pasti, kejadian ini tidak menimbulkan korban baik itu luka-luka, cedera  ataupun meninggal,” kata Dedy saat dikonfirmasi, Sabtu (10/8/2024).

Dedy menuturkan, dugaan awal penyebab insiden ini adalah abrasi antara tembok yang melapisi dinding bagian dalam tungku dengan logam cair yang ada di dalam tungku itu. 

Dia menjelaskan, saat pekerja akan melakukan penuangan cairan logam ke percetakan atau tapping, logam tersebut keluar dari tungku secara tidak terkendali. Cairan tersebut kemudian jatuh ke lantai beton sekitar tungku tersebut.

Setelah kejadian tersebut, sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan penyiraman untuk proses pendinginan. Setelah sekitar 40 menit, Dedy mengatakan seluruh cairan logam itu berhasil didinginkan.

Dedy juga membantah adanya insiden tumpahnya cairan logam ini dikategorikan sebagai kebakaran. Pasalnya tumpahnya cairan tersebut tidak menimbulkan api, melainkan uap atau asap saja.

“Yang terjadi adalah cairan itu, karena suhunya 1.400 derajat, jadi warnanya merah. Ditambah lagi di lantai tempat jatuhnya cairan logam itu biasanya berisi air, sehingga yang keluar adalah uap,” jelas Dedy.

Adapun, mengutip unggahan Instagram @morowali_info yang diakses Sabtu (10/8/2024) terlihat cairan logam panas yang meluber ke lantai smelter.  Sementara itu, beberapa orang terdengar meminta alat pemadam untuk mengatasi kejadian tersebut.

“Tungku jebol di salah satu perusahaan di Bahodopi,” demikian kutipan caption unggahan tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper