Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapolri Mutasi 157 Pati dan Pamen Serta 6 Kapolda, Siapa Saja?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan merotasi jabatan terhadap terhadap 157 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dok Kemenpora RI
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dok Kemenpora RI

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan merotasi jabatan terhadap terhadap 157 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen). Dari jumlah tersebut terdapat enam Kapolda dimutasi ke jabatan yang baru.

Mutasi tersebut termaktub dalam Surat Telegram nomor ST/1554/II/KEP./2024 tertanggal 26 Juli 2024 dan ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Dedi Prasetyo.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan mutasi ini bertujuan untuk pembinaan karir untuk perkembangan organisasi dan pelayanan keamanan masyarakat.

"Mutasi dilingkup Polri dalam rangka Promosi, masa Purna, tour of area, dan Kapolda. Tentunya mutasi personel Polri dalam rangka memberikan peningkatan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," ujarnya di Jakarta, Sabtu (26/7/2024).

Sejumlah Kapolda yang dimutasi itu di antaranya Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing berganti jabatan sebagai Pati Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Bangka Belitung kini diemban oleh Hendro Pandowo yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlisosbud Kapolri.

Selanjutnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad mengemban tugas baru sebagai Pati Itwasum Polri untuk penugasan di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Kursi kosong yang ditinggalkan Ahmad, kini diisi oleh Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri. 

Kemudian, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri. Jabatan Kapolda Maluku akan dipegang oleh Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Adapun, Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra dimutasikan sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun. Dalam hal ini, Listyo menunjuk Irjen Pol Daniel Aditya Jaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi Kapolda Bali.

Sementara, jabatan Kapolda Kaltara selanjutnya akan diisi oleh Irjen Pol Hary Sudwijanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri.

Terakhir, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Armed Wijaya kini menjbat sebagai menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri. Dengan demikian, posisi Kapolda Bengkulu kini dijabat oleh Brigjen Pol Anwar  yang sebelumnya menjabat Karo Watpers SSDM Polri.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper