Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partai Pendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto Terus Bertambah, Ini Daftarnya

Dukungan terhadap pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto dalam Pilwalkot Tangsel 2024 terus menguat.
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat memberikan surat rekomendasi kepada Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (18/7/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat memberikan surat rekomendasi kepada Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (18/7/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Bisnis.com, JAKARTA — Dukungan terhadap pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tangerang Selatan 2024 terus menguat. Hingga saat ini setidaknya sudah ada empat partai politik yang mendukung duet tersebut.

Teranyar, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat resmi memberikan rekomendasi kepada pasangan itu. Surat rekomendasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2024).

AHY mengatakan partainya telah memutuskan sejumlah pasangan calon kepala daerah yang bakal ikut kontestasi pada tahun ini dengan kans kemenangan yang besar.

“Kami yakin pasangan yang kami usung ini memiliki kans kemenangan yang baik berdasarkan hasil survei dan faktor politik kemenangan yang baik,” kata AHY.

Menurut AHY, partainya telah mempertimbangkan hasil survei, dinamika politik serta peta politik koalisi di sejumlah daerah.

“Komposisinya akan sangat beragam dan dinamis termasuk partai-partai politik lainnya,” kata dia.

Rekomendasi Partai Demokrat menambah kuat dukungan terhadap pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Pilwalkot Tangsel 2024. Sebelumnya ada sederet partai yang telah memberikan dukungan.

Partai Gerindra merupakan pengusung utama Ariza-Marshel. Ahmad Riza Patria, yang karib disapa Ariza, merupakan kader Partai Gerindra yang sempat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta periode April 2020–Oktober 2022. Selain itu, Ariza juga menjabat sebagai anggota DPR periode 2014–2019 dan 2019–2024. 

Sementara itu, Marshel Widianto, yang merupakan seorang komika atau stand up comedian yang mengawali kariernya di industri hiburan Tanah Air lewat kompetisi lawak, juga ditunjuk oleh Partai Gerindra untuk mendampingi Ariza.

NASDEM & PSI

Usai resmi disodorkan Partai Gerindra,  pasangan Ahmad Riza PatriaMarshel Widianto selanjutnya meraih dukungan Partai Nasdem

Keputusan Nasdem untuk mengusung Ariza-Marshel tertuang dalam rekomendasi dukungan yang diserahkan melalui Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem. Surat rekomendasi dukungan itu diserahkan oleh Wasekjen Nasdem Jakfar Sidik dan disaksikan oleh sejumlah pengurus DPP NasDem antara lain, Ivanhoe Semen dan Citra Ali Fikri di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2024). 

“DPP Partai NasDem dalam hal ini Bappilu kembali mengeluarkan rekomendasi untuk calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten kepada saudara Ahmad Riza Patria dan Marchel Widianto,” kata Wasekjen Partai NasDem Jakfar Sidik. 

Tak lama berselang, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) turut mendukung duet Ariza-Marshel menjadi kepada bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan di Pilkada 2024.

Dukungan itu diberikan melalui surat rekomendasi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kepada Riza-Marshel di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

"Di Kota Tangerang Selatan, [surat rekomendasi untuk] Pak Ahmad Riza dan Mas Marshel," ujar Kaesang.

Sebelumnya, Partai Gerindra juga mengeklaim bahwa duet Ariza-Marshel telah mendapatkan 20% dukungan partai lain di Pilwalkot Tangsel. 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan dukungan 20% partai politik lain itu telah memenuhi syarat KPUD untuk mengusung Ariza-Marshel.

"Sudah aman itu, kita sudah mengantongi beberapa rekomendasi dari partai lain dan terpenuhi 20 persen persyaratan itu," tutur Dasco di Jakarta, Senin (8/7/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper