Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM India Narendra Modi ke Rusia Bertemu Presiden Putin, Ini yang Dibahas

PM India Narendra Modi melakukan kunjungan ke Moskow, Rusia dan dijadwalkan melakukan perbincangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari ini
Perdana Menteri India Narendra Modi duduk di belakang label negara yang bertuliskan Bharat, saat menyampaikan pidato pembukaan KTT G20 di New Delhi, India, 9 September 2023./Reuters
Perdana Menteri India Narendra Modi duduk di belakang label negara yang bertuliskan Bharat, saat menyampaikan pidato pembukaan KTT G20 di New Delhi, India, 9 September 2023./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan kunjungan ke Moskow, Rusia dan dijadwalkan melakukan perbincangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari ini, Selasa (9/7/2024). 

Negosiasi resmi antara Rusia dan India akan diadakan dalam format terbatas dan luas. Kedua pihak akan membahas tidak hanya kerja sama bilateral, tetapi juga situasi internasional.

Komunikasi antara para kepala negara telah dimulai sehari sebelumnya. Setibanya di Moskow, Modi melakukan perjalanan dengan mobil Aurus ke kediaman Presiden Rusia itu di Novo-Ogaryovo. Adapun Modi dan Putin berbincang sambil minum teh dan berjalan-jalan di taman. 

"Itu adalah komunikasi informal antara para pemimpin dengan agenda bebas, satu lawan satu," kata Kremlin, dilansir TASS, pada Selasa (9/7/2024).

Kedua pemimpin berhasil berbicara secara pribadi bahkan tanpa kehadiran penerjemah seperti biasanya. Pada suatu saat selama perjalanan, para kepala negara berpaling dari delegasi utama dan berjalan serta berbicara selama beberapa menit bersama-sama, tanpa orang asing.

Adapun Kremlin menekankan bahwa percakapan informal antara pemimpin Rusia dan India itu sangat berarti.

Pihak Rusia menyebut agenda dialog itu intensif. Ajudan Presiden Rusia Yury Ushakov mengatakan bahwa Kremlin menganggap kunjungan ini sangat penting, karena ini adalah perjalanan pertama Modi setelah Pemilu. Pemilu diadakan di India pada bulan Juni, yang dimenangkan oleh Modi.

Bahas Apa?

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, mencatat bahwa Moskow dan New Delhi memiliki keinginan politik bersama untuk mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, dan proses integrasi sedang berlangsung. 

Adapun kedua negara merupakan anggota dari beberapa organisasi yang sama, termasuk BRICS dan SCO (Shanghai Cooperation Organisation). 

"Isu-isu keamanan regional dan global selalu menjadi agenda utama pertemuan puncak," kata Kremlin.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra menegaskan bahwa isu-isu penting regional dan global akan menjadi elemen penting dari perbincangan kedua kepala negara. 

Menurut Kementerian Luar Negeri India, isu ekonomi bilateral, yaitu ketidakseimbangan perdagangan, juga akan menjadi agenda. 

Seperti dijelaskan Kwatra, omzet perdagangan kedua negara pada 2023-2024 meningkat signifikan dan mencapai hampir US$65 miliar (Rp1.058 triliun) berkat kerja sama yang erat di sektor energi. Namun, ekspor India ke Rusia berjumlah US$4 miliar (Rp65 triliun). 

Kwatra juga menyoroti kerja sama pertahanan antara kedua negara sebagai bagian penting dari kemitraan strategis. Dia menekankan bahwa kedua negara tetap menjalin komunikasi penuh mengenai masalah ini.

Topik lainnya meliputi sektor antariksa dan keamanan energi. India telah mengoperasikan unit daya pertama dan kedua dari pembangkit listrik tenaga nuklir Kudankulam, yang sedang dibangun dengan bantuan Rusia. Pembangunan unit daya ketiga, keempat, kelima, dan keenam saat ini sedang berlangsung.

Kerja Sama Rusia-India

Modi sebelumnya pernah mengunjungi Rusia pada 2019 untuk berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Timur. Sementara, Putin berada di India dalam kunjungan pada 2021. Secara total, pemimpin Rusia tersebut telah mengunjungi India sebanyak sembilan kali selama masa jabatannya. 

Para pemimpin kedua negara menjalin kontak rutin, termasuk melalui telepon, dan pada tahun ini mereka saling menelepon sedikitnya tiga kali.

Selain itu, para kepala negara bertemu di forum multilateral. Pertemuan semacam itu, misalnya, berlangsung pada September 2022 di Samarkand di sela-sela KTT SCO.

Sesuai dengan Deklarasi Kemitraan Strategis 2000, para pemimpin Rusia dan India harus bertemu setiap tahun. Negosiasi hari ini melanjutkan tradisi, dan pertemuan ini merupakan yang ke-22 secara berturut-turut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper