Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Prabowo ke Calon Wamen: Ramah ke Media, Antisipasi Situasi Global

Berikut pesan Presiden terpilih Prabowo Subiantokepada calon wakil menteri (wamen) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.
Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Hambalang pada Rabu (16/10/2024)/Istimewa
Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Hambalang pada Rabu (16/10/2024)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan sejumlah arahan kepada calon wakil menterinya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024). Pesan yang disampaikan mulai dari cara berkomunikasi dengan media hingga antisipasi situasi global serta geopolitik. 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya menjadi salah satu politisi yang didapuk Prabowo sebagai calon wamen. Dia hadir pada pembekalan calon wamen di Hambalang, setelah sehari sebelumnya juga hadir di rumah Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). 

Bima menyebut salah satu arahan presiden terpilih kepada para peserta pembekalan di Hambalang adalah cara berkomunikasi dengan media massa. 

"Presiden terpilih ingin kita semua ramah, friendly terhadap media, menyampaikan sesuatu secara jelas dan terukur dan dengan data. Kira-kira begitu," ujarnya kepada wartawan, dikutip Jumat (18/10/2024). 

Mantan Wali Kota Bogor itu lalu mengungkap bahwa para calon wamen diberikan pembekalan tentang bagaimana pemimpin dunia berkomunikasi dengan media. 

"Tadi disuguhkan berbagai macam contoh bagaimana Boris Johnson [mantan Perdana Menteri Inggris] menghadapi media, bagaimana kepala begara lain ada contoh yang buruk ada contoh yang baik," paparnya. 

Selain itu, Politisi Partai Golkar Lodewijk F. Paulus menyebut para calon wamen Prabowo mendapatkan pembekalan terkait dengan situasi global yang berpotensi berpengaruh kepada kondisi nasional. Salah satunya berkaitan dengan tensi geopolitik di sejumlah kawasan. 

"Itu penting apa yang terjadi di Ukraina, di Timur Tengah tentunya mempengaruhi langkah-langkah kita ke depan," kata mantan Sekjen Partai Golkar itu. 

Lodewjik juga menyebut Prabowo memberikan pembekalan soal tantangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) serta kerja tim atau teamwork.

Menurutnya, tujuan kegiatan bernama 'Hambalang Retreat' itu bertujuan agar para calon menteri, wamen dan kepala lembaga saling mengenal satu sama lain. 

Untuk diketahui, Prabowo memanggil calon menteri dan wakil menteri serta kepala lembaga ke rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan pada 14-15 Oktober 2024. Kemudian, para calon anggota kabinet hadir untuk pembekalan di Hambalang pada 16-17 Oktober 2024. 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dijadwalkan untuk membaca sumpah jabatan di Gedung MPR 20 Oktober mendatang. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper