Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala BPKH Fadlul Imansyah Raih Gelar Doktor di UI Dalam 6 Tahun

Fadlul meneliti soal hubungan kinerja keuangan rumah sakit swasta dengan kinerja pelayanan peserta BPJS Kesehatan.
Kepala Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah lulus dan meraih gelar doktor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia pada Kamis (17/10/2024). / Antara
Kepala Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah lulus dan meraih gelar doktor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia pada Kamis (17/10/2024). / Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala BPKH periode 2022—2027 Fadlul Imansyah resmi meraih gelar Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Fadlul merampungkan studinya dengan disertasi berjudul Analisis Hubungan Kinerja Keuangan Rumah Sakit Swasta Profit dengan Kualitas Pelaporan Kinerja Pelayanan Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Periode 2017-2022.

Bukan tanpa sebab disertasinya membahas hal tersebut, sebelum dirinya menjadi nakhoda di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada akhir 2022 lalu, Fadlul merupakan Investment Group Head BPJS Kesehatan (2014—2017).

Kemudian dirinya juga menduduki jabatan Deputy Director, Treasury and Investment di BPJS Kesehatan pada 2017 hingga 2019. 

Dalam sidang promosi tersebut, Fadlul memaparkan penelitiannya terkait kinerja keuangan rumah sakit swasta yang melayani peserta dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) milik pemerintah. Fadlul menemukan adanya hubungan yang kompleks antara kinerja keuangan rumah sakit swasta dengan kualitas pelayanan bagi peserta JKN.

Salah satunya, meskipun memberikan kontribusi terhadap pendapatan, adanya peningkatan jumlah pasien JKN ternyata berdampak negatif pada profitabilitas beberapa rumah sakit. Hal ini mengindikasikan adanya trade-off antara profit dan kualitas pelayanan.

Dirinya menyimpulkan bahwa keterbukaan informasi terkait kinerja pelayanan kesehatan sangat penting untuk memastikan kebijakan yang tepat dalam menjaga keberlanjutan keuangan rumah sakit yang melayani pasien JKN.

"Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembuat kebijakan, rumah sakit, dan pemangku kepentingan lainnya dalam merumuskan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekaligus menjaga keberlangsungan bisnis rumah sakit swasta," ungkapnya.

Dalam sidang promosi doktornya yang berlangsung Kamis (17/10/2024) pagi, bertindak sebagai Promotor yakni Guru Besar FKM UI Amal Chalik Sjaaf. Sementara Ko Promotor adalah Mardiati Nadjib dan Prastuti Soewondo. 

Sidang yang dilaksanakan di kampus FKM UI, Depok, Fadlul diuji oleh enam orang penguji, yakni Guru Besar FKM UI Besral, Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Mantan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Ali Ghufron Mukti, Fachmi Idris, dan Darwin Cyril Noerhadi.

Ali Ghufron Mukti merupakan Direktur Utama BPJS Kesehatan saat ini, sedangkan Fachmi Idris merupakan Direktur Utama BPJS Kesehatan sebelum Ghufron.

Mengutip dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Fadlul merupakan mahasiswa jenjang Doktor dengan program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. 

Dirinya tercatat menjadi mahasiswa Doktor sejak 2018. Artinya, Fadlul merampungkan gelarnya ini dalam kurun waktu sekitar enam tahun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper