Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Maruarar Sirait, Eks Politisi PDIP yang Diminta Prabowo Jadi Menteri

Maruarar Sirait disinyalir jadi menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Politisi Maruarar Sirait melambaikan tangan ke arah wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Politisi Maruarar Sirait melambaikan tangan ke arah wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Politikus Partai Gerindra Maruarar Sirait menjadi salah satu figur yang dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto di tengah proses pencalonan menteri-menteri di kabinet pemerintahan yang baru, Senin (15/10/2024). 

Maruarar, atau akrab disapa Ara, merupakan anak dari politikus senior PDI Perjuangan (PDIP) Sabam Sirait. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu merupakan partai yang sebelumnya menaungi Ara, sebelum meloncat ke Gerindra dan barisan TKN Prabowo–Gibran pada Pilpres 2024 lalu. 

Ara dikenal merupakan orang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 10 tahun pemerintahannya kendati tak pernah mendapatkan kursi menteri. 

Belakangan, Ara terlihat kerap berada di lingkaran taipan kelas kakap Tanah Air berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Berdasarkan catatan Bisnis, Ara pernah mengunjungi IKN bersama dengan pimpinan Konsorsium Nusantara yang dipimpin oleh pemilik Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma (Aguan). Dia juga pernah mengunggah foto bersama dengan sejumlah pengusaha besar lainnya seperti Garibaldi 'Boy' Thohir, Franky Widjaja hingga Prajogo Pangestu.  

Kemudian, Prabowo di tengah kampanyenya juga pernah berkunjung ke BEI bersama dengan Ara dan Boy Thohir, Rabu (31/1/2024). 

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun, Ara lahir pada 23 Desember 1969 di Medan, Sumatera Utara. Kariernya di politik salah satunya yakni menjadi anggota DPR dari Fraksi PDIP dan dari dapil Jawa Barat IX. 

Perjalanannya di DPR berlangsung selama empat periode sejak 1999–2004 hingga 2014–2019. 

Ara menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Parahyangan, Bandung, pada tahun 1990-an. Selama itu, dirinya aktif dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Dari situlah Ara menjadi banyak belajar terkait dunia politik yang sarat negosiasi dan diskusi. Ara juga bergabung dengan Resimen Mahasiswa Universitas Parahyangan yang kemudian menjadikannya terjun ke dunia politik sesungguhnya di partai berlambang banteng moncong putih itu.

Dalam karier di luar politik, Ara menjabat sebagai Komisaris Utama PT Potenza Sinergi. Ia pun memiliki rekam jejak sebagai manajer Koperasi Keluarga Besar Mahasiswa (KKBM) Universitas Parahyangan, Bandung. 

Selain itu, Maruarar sempat ditunjuk sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Sepak Bola oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir pada 20 September 2023. Dirinya pun dipercayai untuk memberantas praktik pengaturan skor atau mafia di sepak bola Indonesia.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto memastikan calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan yang dipanggil ke kediamannya di Kertanegara, Senin (14/10/2024), sanggup menjalankan tugasnya di kabinet pemerintahan yang baru.

Pria yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan itu menyebut telah cukup lama memantau para calon menterinya, berdiskusi, dan menyatakan keinginannya menjadikan mereka sebagai menteri, wakil menteri, dan kepala badan di pemerintahan ke depan.

“Sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya, hari ini hanya mengkonfirmasi. Saya konfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah, semuanya menyatakan sanggup,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper