Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotel di Singapura Dinobatkan Jadi Gedung Pencakar Langit Terbaik di Dunia, Begini Penampakannya

Hotel Pan Pacific Orchard dinilai mewakili urbanisme vertikal terbaik, sehingga meraih titel gedung pencakar langit baru terbaik di dunia.
Hotel Pan Pacific Orchard di Singapura. / dok. Pan Pacific
Hotel Pan Pacific Orchard di Singapura. / dok. Pan Pacific

Bisnis.com, JAKARTA — Pan Pacific Orchard, sebuah hotel 23 lantai yang terletak di kawasan perbelanjaan terkenal Singapura, dinobatkan sebagai gedung pencakar langit baru terbaik di dunia.

Mengutip Channel News Asia pada Selasa (8/10/2024), penghargaan tersebut diberikan oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), sebuah organisasi nirlaba yang berkantor pusat di Amerika Serikat. 

Hotel setinggi 140 meter ini juga membawa pulang tiga penghargaan lainnya, termasuk gedung dengan tinggi terbaik antara 100 meter dan 199 meter. Penghargaan tersebut diumumkan pada konferensi di London dan Paris yang berlangsung pada 23—27 September 2024. 

Chief Executive CTBUH Javier Quintana de Una dalam sebuah pernyataan menyebut bahwa Pan Pacific Orchard mewakili urbanisme vertikal terbaik yang bertanggung jawab saat ini.

"Dengan menggabungkan penghijauan secara holistik ke dalam desainnya, Pan Pacific Orchard menghormati warisan Singapura sekaligus mendorong pembangunan perkotaan berkelanjutan di lingkungan perkotaan yang padat," tertulis dalam pernyataan tersebut, dikutip pada Selasa (8/10/2024).

Pan Pacific Orchard dirancang oleh arsitek terkenal WOHA dengan tema “hotel di alam”. Hotel dengan 347 kamar ini dibuka pada Juni 2023, lima tahun setelah bangunan aslinya dibongkar pada bulan April 2018. Ini adalah hotel andalan Pan Pacific Hotels Group di Singapura (PPHG). 

Di tengah latar belakang perkotaan berupa bangunan perumahan pribadi dan pusat perbelanjaan di Orchard Road, hotel ini menonjol karena strukturnya yang mirip Jenga, berkat empat tumpukan yang dipenuhi dedaunan.

Hotal tersebut dirancang di sekitar empat teras langit terbuka—hutan, pantai, taman, dan awan—dengan masing-masing teras langit menawarkan pengalaman unik tersendiri bagi para tamu. Teras Hutan menampilkan air terjun yang mengalir dan pepohonan yang menjulang tinggi. 

Teras Pantai memiliki kolam berkelok-kelok, sedangkan teras Taman memiliki area halaman tengah. Teras Awan memiliki ruang acara “di atas awan” seperti ballroom tanpa pilar.

Hotel ini memiliki fokus pada keberlanjutan dan dianugerahi Penghargaan Green Mark Platinum dari Otoritas Bangunan dan Konstruksi pada tahun 2020. Penghargaan ini mengakui proyek-proyek yang desain dan kinerjanya mematuhi praktik terbaik dalam kelestarian lingkungan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper