Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbang dari IKN ke Solo, Jokowi Buka Peparnas XVII 2024

Presiden Jokowi mengaku langsung terbang dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara me Solo untuk menghadiri acara pembukaan Peparnas XVII Tahun 2024
Presiden Joko Widodo memberikan salam hormat dari tangga Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/9/2024), saat berpamitan menuju Nusa Tengga Barat (NTB) dalam rangka memenuhi kunjungan kerja. ANTARA/HO-Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan salam hormat dari tangga Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/9/2024), saat berpamitan menuju Nusa Tengga Barat (NTB) dalam rangka memenuhi kunjungan kerja. ANTARA/HO-Sekretariat Presiden

Bisnis.com, NUSANTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku langsung terbang dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara me Solo untuk menghadiri acara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 yang berlangsung di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, pada Minggu (6/10/2024) malam.

“Buat saya pekan paralimpiade ini spesial, tadi siang saya terbang dari IKN nusantara ke Solo khusus untuk pembukaan peparnas ke-17 ini. Khusus untuk bertemu para atlet dan official peserta Peparnas,” ucapnya dalam forum itu.

Orang nomor satu di Indonesia itu menilai bajwa semua patut berbangga karena para atlet penyandang disabilitas Tanah Akd memiliki daya juangnya luar biasa, lengkap dengan prestasinya yang membanggakan. 

Misalnya, kata Jokowi, di ajang Asian para games misalnya Indonesia meraih juara umum tiga kali berturut-turut, yaitu Asian para games 2017, 2022, dan 2023. 

Oleh sebab itu, dia mendorong agar semua pihak dapat menyukseskan pekan Paralimpiade nasional yang tidak hanya sebagai ajang untuk melahirkan atlet-atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru tapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi para seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya.

“Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportivitas,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Ke-7 RI dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi acara sekitar pukul 19.00 WIB, disambut oleh riuh tepuk tangan para penonton dan kontingen peserta Peparnas.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan dengan penuh khidmat oleh Prihartono Anton. Suasana kemudian menjadi lebih meriah saat persembahan medley empat lagu, mulai dari 'Kutidhieng', 'Aku Papua', 'Solo di Malam Hari', hingga 'Indonesia Pusaka', yang berhasil membangkitkan semangat para hadirin.

Setelahnya, defile kontingen Peparnas dari 35 provinsi yang berpartisipasi, dimulai dari Provinsi Aceh hingga Papua Selatan, masing-masing membawa kebanggaan dan semangat juang dalam perhelatan olahraga disabilitas terbesar di Indonesia ini. Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran Bendera National Paralympic Committee (NPC) dan Peparnas yang diiringi dengan Mars Patriot oleh Prihartono Anton.

Sebagai simbol komitmen terhadap kejujuran dan sportivitas, janji wasit dan janji atlet pun diucapkan dengan penuh khidmat. Acara kemudian berlanjut dengan penayangan sebuah cuplikan video yang menampilkan sejarah dan pencapaian atlet-atlet disabilitas Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada seluruh atlet, pelatih, serta penyelenggara Peparnas XVII, sekaligus menyatakan secara resmi pembukaan ajang tersebut.

Setelahnya, Tarian Kekuatan Kolektif, makin memeriahkan suasana dengan diawali perkenalan para maskot Peparnas XVII Tahun 2024. Momen yang paling dinantikan pun tiba ketika cauldron api dinyalakan, menandai dimulainya kompetisi.

Acara ditutup dengan pertunjukan 'Glow in Nusantara' yang menyuguhkan tarian dengan lampu-lampu berwarna-warni, diakhiri oleh persembahan lagu Rumah Kita yang dibawakan oleh grup musik legendaris Indonesia, God Bless.

Pekan Paralimpiade Nasional XVII ini diharapkan menjadi panggung bagi para atlet disabilitas dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka, serta mempererat persatuan dan solidaritas bangsa melalui semangat kompetisi yang sehat dan penuh sportivitas.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun, Ketua PB Peparnas 2024 DB Susanto, dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper