Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Bantah Narasi Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan OPM

Polisi membantah narasi terkait dengan pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dilakukan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).
Potret Pilot Susi Air Philip Mehrtens usai dibebaskan dari KKB kelompok Egianus Kogoya Sabtu (21/9/2024)/dok.Satgas Cartenz
Potret Pilot Susi Air Philip Mehrtens usai dibebaskan dari KKB kelompok Egianus Kogoya Sabtu (21/9/2024)/dok.Satgas Cartenz

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi membantah narasi terkait dengan pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dilakukan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno menyatakan bahwa narasi itu merupakan propaganda dari kubu Sebby. Pasalnya, Bayu menyebut Sebby Sambom memiliki propaganda sendiri dalam peristiwa pembebasan ini.

"[Sebby Sambom] itu tidak terkoneksi sama KKB di lapangan. Dia bikin propaganda sendiri," ujar Bayu saat dihubungi, Senin (23/9/2024).

Sebelumnya, narasi itu terungkap dalam unggahan akun X @WiyaiiE pada Senin (23/9/2024), nampak dalam video yang diunggah, Pilot Philip Mehrtens berjalan menuju helikopter yang tengah menunggu untuk lepas landas di wilayah Nduga.

Terlihat juga Philip memegangi ayam saat diantarkan sejumlah masyarakat menuju helikopter. Sesekali, pilot berkebangsaan Selandia Baru itu melambaikan tangan kepada masyarakat di lokasi.

Terkait hal ini, Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom mengklaim bahwa pihaknya lah yang membebaskan pilot Philip.

Dia menambahkan, bahwa kondisi pembebasan Pilot Philip Mehrtens berjalan dengan damai dan aman.

"Dalam hal ini kami perlu sampaikan kepada masyarakat International bahwa Pilot telah dibebaskan dengan cara TPNPB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).

Cara TNI-Polri Bebaskan Philip

Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto menjelaskan cara membebaskan Philip yaitu dengan melakukan negosiasi dengan KKB Egianus melalui pendekatan soft approach.

Pendekatan itu melibatkan sejumlah pihak mulai dari tokoh agama, adat, gereja hingga keluarga Egianus dalam pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut.

"Bayangkan 1 tahun 7 bulan kita melakukan negosiasi dan alhamdulillah, kita di satgas dan dibantu oleh seluruh komponen bisa menyelesaikan seluruh tugas ini dengan baik," ujarnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024) malam.

Dia menambahkan, dalam pembebasan itu juga tidak ada imbalan yang diminta oleh KKB Egianus Kogoya saat bernegosiasi untuk membebaskan Pilot Philip Mark Mehrtens.

"Tidak ada, tidak ada yang mereka minta, kita hanya pendekatan secara persuasif," tutur Hadi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper