Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Persiapan Pemprov Kaltim Sambut Kepala Daerah untuk Upacara 17 Agustus di IKN

Sekretaris Daerah Kalimantan Timur, Sri Wahyuni menyatakan seluruh armada bus yang akan mengangkut para kepala daerah di IKN.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Presiden Jokowi dijadwalkan akan memimpin rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah se-Indonesia pada Selasa, 13 Agustus 2024, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN)

Untuk mendukung kelancaran acara penting ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan telah mempersiapkan berbagai langkah strategis.

Dalam upaya menghindari kemacetan yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan rapat, sebanyak 514 kepala daerah yang terdiri dari bupati dan wali kota akan diberangkatkan menuju IKN menggunakan 13 armada bus. 

Para peserta akan memulai perjalanan dari Stadion Batakan Balikpapan secara serempak pada pukul 06.00 WITA.

Sekretaris Daerah Kalimantan Timur, Sri Wahyuni menyatakan seluruh armada bus yang akan mengangkut para kepala daerah sudah dipersiapkan di area Stadion Batakan, sementara kendaraan pengantar dan pendamping akan ditempatkan di Asrama Haji Batakan.

"Keberangkatan dijadwalkan pukul 6 pagi menuju IKN. Saat ini belum ada konfirmasi mengenai prosedur bagi peserta yang terlambat. Jadi, kemungkinan besar mereka yang terlambat akan ditinggalkan," ujarnya yang dikutip, Minggu (11/8/2024).

Sebagai bentuk antisipasi, fasilitas seperti toilet portable dan tenda darurat akan disediakan di lokasi antar-jemput bus di Stadion Batakan. 

Selain itu, dia menyebutkan bus-bus yang akan digunakan juga akan dilengkapi dengan produk-produk UMKM Kalimantan Timur, yang juga akan dijajakan di sekitar area Asrama Haji Batakan. 

Area parkir kendaraan pengantar pun tak luput disiapkan di Asrama Haji Batakan, dengan kapasitas tampung hingga 500 unit kendaraan roda empat. 

"Kami memilih lokasi ini karena daya tampung parkirnya yang besar, kelengkapan toilet, serta tersedianya tempat istirahat dan salat yang memadai bagi para pengantar," tambahnya.

Untuk memastikan kelancaran acara pada hari H, Pemkot Balikpapan juga berencana menerapkan sistem sekolah online bagi siswa di sekitar Stadion Batakan dan Asrama Haji Batakan, sebagai upaya mengurangi potensi kemacetan. 

Adapun, dia menuturkan koordinasi lalu lintas juga akan dilakukan bersama Polda Kalimantan Timur dan Dinas Perhubungan Balikpapan.

Sebagai informasi, para gubernur dari seluruh Indonesia akan tiba lebih awal di IKN, yakni pada Senin, 12 Agustus 2024, untuk persiapan lebih lanjut. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper