Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pilkada Serentak, Polisi Buru Pelaku Penyebar Uang Palsu

Polda Metro Jaya tengah gencar memburu para pelaku pembuat dan penyebar uang palsu menjelang Pilkada Serentak 2024 di seluruh Indonesia.
Logo Polda Metro Jaya/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Logo Polda Metro Jaya/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya tengah gencar memburu para pelaku pembuat dan penyebar uang palsu menjelang Pilkada Serentak 2024. 

Kasubdit Ranmor Direktorat Tindak Pidana Umum pada Polda Metro Jaya AKBP Hadi Kristanto mengatakan salah satu pelaku yang berhasil diamankan berinisial F yang ditangkap di wilayah Srengseng Jakarta Barat. 

Hadi menjelaskan bahwa tersangka F itu sempat memindahkan uang palsu hasil produksinya ke sejumlah daerah untuk mengelabui kepolisian.

"Pelaku ini beberapa kali pindah-pindah ke tempat lain ya bersama uang palsunya buatan dia," tuturnya di Jakarta, Kamis (20/6).

Dia membeberkan bahwa lokasi pertama yang digunakan pelaku ada di Gunung Putri Kabupaten Bogor, lalu pelaku pindah lagi ke wilayah Sukabumi bersama alat produksi uang palsunya.

"Terakhir dia menyewa tempat lagi di Srengseng Jakarta Barat," katanya.

Dia juga menegaskan bakal memburu para pelaku penyebar uang palsu menjelang Pilkada Serentak 2024 terutama di DKI Jakarta.

"Kami akan kejar terus para pelaku ini," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah berhasil menggagalkan sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp22 miliar di Jakarta Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam menyampaikan dalam kasus tersebut pihaknya telah mengamankan tiga tersangka yang diduga terlibat dalam peredaran, pembuatan dan penguasaan uang palsu.

"Pada 15 [Juni] berhasil ditangkap atau diamankan 3 tersangka yang disangkakan mengedarkan, membuat, dan menguasai uang palsu. Barang bukti ada Rp22 miliar uang palsu siap edar," kata Ade kepada wartawan, Senin (17/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper