Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Sebut Peraih Adhi Makayasa di Kabinet Merah Putih, Siapa Saja?

Presiden Prabowo menyebutkan beberapa alumni alumni Adhi Makayasa yang kini menduduki jabatan strategis di Kabinet Merah Putih.
Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama jajaran Menteri dan Pejabat Setara Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024). Dok BPMI Setpres RI
Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama jajaran Menteri dan Pejabat Setara Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024). Dok BPMI Setpres RI

Bisnis.com, MAGELANG – Presiden Prabowo Subianto mengaku bangga dapat memperkenalkan beberapa alumni terbaik dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut, hingga Akademi Kepolisian yang kini menduduki jabatan strategis di Kabinet Merah Putih.

Orang nomor satu di Indonesia itu memerinci terdapat enam alumni Adhi Makayasa yang kini mengemban peran penting dalam kabinet, termasuk Jenderal bintang empat dan peraih prestasi luar biasa lainnya. 

Hal ini disampaikannya saat menggelar acara Jamuan Santap Malam Kabinet Merah Putih di Ruang Makan Husein, Komplek Akademi Militer, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (25/10/2024). 

“Di kabinet saya, terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya,” kata Prabowo dengan bangga. 

Lebih lanjut, dia menjabarkan dari akademi kepolisian yang merupakan penerima bintang Adhi Makayasa adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Budi Gunawan yang lulus pada 1983 dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang lulus pada 1987. 

“Dua dari kepolisian saya minta berdiri, dua duanya jenderal bintang empat dua duanya mencapai puncak karir sebagai Kapolri, dua duanya masih mengabdi kepada negara dan bangsa,” ucapnya. 

Dia melanjutkan dari empat wakil dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang merupakan peraih bintang Adhi Makayasa yaitu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra (Akmil 1987), Wakil Menteri Pertahanan Marsdya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto (AAU 1988 A). 

Lalu ada nama, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Mayor Inf (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Akmil 2000), dan Menteri Transmigrasi Letnan Kolonel (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara (Akmil 1999). 

Ada nama lain yang juga peraih Adhi Makayasa di kabinet Prabowo, yakni Luhut Binsar Pandjaitan lulusan 1970. 

Ketua Umum Gerindra itu juga melanjutkan menyampaikan nama-nama lain yang juga dinilai punya prestasi baik. 

"Lulusan terbaik Sesko, para Komandan Divisi di sini hadir Pak Wiranto bintang 4, Pak Dudung bintang 4, Pak Agus Subiyanto bintang 4, Pak Maruli mana Maruli? Beliau bintang 4 dan juara Judo Asia Tenggara," pungkas Prabowo. 

Daftar Peraih bintang Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akpol dan Akmil di Kabinet Merah Putih:

Akademi Kepolisian

  • Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Budi Gunawan lulusan terbaik angkatan 1983.
  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian lulusan terbaik angkatan 1987.

Akademi Militer

  • Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra (1987)
  • Wakil Menteri Pertahanan Marsdya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto (AAU 1988)
  • Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Mayor Inf (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (2000)
  • Menteri Transmigrasi Letnan Kolonel (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara (1999)
  • Penasihat Khusus Presiden Luhut Binsar Pandjaitan lulusan (1970).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper