Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangan Kanan Jokowi, Pratikno Diminta Prabowo jaga Kabinet Tetap Solid

Mensesneg Pratikno ikut dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menjadi calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran.
Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjawab pertanyaan wartawan selepas menghadap presiden terpilih, Prabowo Subianto, di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Senin (14/10/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.
Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjawab pertanyaan wartawan selepas menghadap presiden terpilih, Prabowo Subianto, di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Senin (14/10/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut dirinya mendapatkan pesan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menjaga kabinet pemerintahan ke depan agar tetap solid.

Pratikno merupakan satu dari puluhan tokoh-tokoh calon menteri yang dipanggil oleh Prabowo Subianto ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Senin (14/10/2024). Berbeda dengan tokoh lainnya, Pratikno merupakan menteri kabinet saat ini sekaligus 'tangan kanan' Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Beliau [Prabowo] menggarisbawahi pentingnya soliditas di kabinet, kerja sama, bekerja dengan sebaik-baiknya supaya target-target dari pemerintahan Presiden Prabowo bisa tercapai dengan sebaik-baiknya,” kata Pratikno dilansir dari Antara, Senin (14/10/2024). 

Akademisi Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut juga menyebut Prabowo juga menekankan peran penting koordinasi dalam kabinet, mengingat beberapa kementerian kemungkinan punya tugas yang tumpang tindih.

“Ya memang dalam kabinet banyak menteri sesuai bidang masing-masing, dan tentu saja satu kementerian itu sepenuhnya berbeda ya dengan yang lain, ada tumpang tindih dalam menyelesaikan masalah, apakah itu pengentasan kemiskinan, peningkatan SDM, whatever ya, maka penting untuk bekerja sama,” kata Pratikno, yang merupakan Mensesneg dua periode pemerintahan Jokowi.

Saat ditanya apakah dia akan mengisi peran menteri sekretaris kabinet atau menteri koordinator, Pratikno memilih tidak menjawab.

Namun, saat ditanya mengenai salah satu penugasan Prabowo terkait dengan koordinasi dan konsolidasi di kabinet, dia menjawab “siap”.

Sejauh ini, 20 lebih tokoh, diantaranya kalangan profesional, politikus, birokrat, pejabat aktif Polri, dan pemimpin organisasi masyarakat (ormas, menyambangi kediaman Prabowo sejak sore hari. Nama-nama itu diyakini merupakan calon-calon menteri dan calon kepala badan pemerintahan Prabowo.

Nama-nama tersebut mencakup Prasetio Hadi (Ketua DPP Partai Gerindra), Sugiono (Wakil Ketua Umum Partai Gerindra), Widiyanti Putri Wardhana (pengusaha), Natalius Pigai (pegiat HAM), Yandri Susanto (Wakil Ketua Umum PAN), Fadli Zon (Wakil Ketua Umum Partai Gerindra), Nusron Wahid (Politikus Golkar), Saifullah Yusuf (Sekjen PBNU/Menteri Sosial), Maruarar Sirait (Politikus Partai Gerindra), Abdul Kadir Karding (Politikus PKB), dan Wihaji (Wakil Ketua Umum Golkar).

Selain itu, Teuku Riefky Harsya (Sekjen Partai Demokrat), Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum Partai Demokrat/Menteri ATR/BPN), Arifatul Choiri Fauzi (Muslimat NU), Tito Karnavian (Mendagri/Eks Kapolri), Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN/Mendag), Satryo Soemantri Brodjonegoro (Akademisi), Yassierli (Akademisi), Yusril Ihza Mahendra (Pakar Hukum Tata Negara), Bahlil Lahadalia (Ketua Umum Partai Golkar/Menteri ESDM), dan Abdul Mu'ti (Sekretaris Umum PP Muhammadiyah).

Selanjutnya, Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB), Komjen Pol. Agus Andriyanto (Wakapolri), Raja Juli Antoni (Wamen ATR/BPN dan Sekjen PSI), Agus Gumiwang (Politikus Golkar/Menteri Perindustrian), Pratikno (Mensesneg), Ribka Haluk (Pj. Gubernur), Iftitah Sulaeman (Politikus Partai Demokrat), Maman Abdurrahman (Politikus Golkar), Prof Rachmat Pambudy, dan Sakti Wahyu Trenggono (Menteri KKP).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper