Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Ini Penyebab Speedboat Meledak yang Tewaskan Cagub Maluku Utara Benny Laos

Berikut penyebab insiden speedboat meledak yang menewaskan Cagub Maluku Utara Benny Laos pada Sabtu (12/10/2024).
Speebiat atau speedboat Bela 72 membawa rombongan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Malut Nomoe Urut 4 Benny Laos - Sabrin Sehe bersama tim saat berlabuh di Pelabuhan regional Bobong Desa Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu dilaporkan  terbakar. (ANTARA/Abdul Fatah)
Speebiat atau speedboat Bela 72 membawa rombongan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Malut Nomoe Urut 4 Benny Laos - Sabrin Sehe bersama tim saat berlabuh di Pelabuhan regional Bobong Desa Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu dilaporkan terbakar. (ANTARA/Abdul Fatah)

Bisnis.com, JAKARTA -- Polisi menyampaikan korban meninggal dunia terkait insiden meledaknya speedboat rombongan Calon Gubernur Maluku Utara (Malut), Benny Laos, menjadi enam orang.

Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo mengatakan total penumpang speedboat Benny Laos itu ada 34 orang. Enam dari 34 orang itu dinyatakan meninggal dunia.

"Korban Meninggal dunia berjumlah 6 orang," ujar Totok dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2024).

Dia merincikan keenam orang itu adalah Benny Laos; anggota DPRD Maluku Utara (Malut), Ester Tantri;  Ketua DPW PPP Malut Mubin A. Wahid.

Kemudian, Bripka Hamdani Buamonabot dan dua orang lainnya bernama Nasrun serta Mahsudin Ode Muisi.

Sementara itu, Polisi mengatakan jumlah korban yang mengalami luka dan tengah dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan berjumlah 16 orang.

"RSUD Bobong berjumlah 5 orang, Klinik Dokter Ama 9 orang Klinik Dokter Rudi 2 orang," tambahnya.

Ternyata Ini Penyebab Speedboat Meledak yang Tewaskan Cagub Maluku Utara Benny Laos

Penyebab Speedboat Meledak

Totok menyampaikan bahwa pihaknya menduga insiden kebakaran speedboat itu lantaran kelalaian saat pengisian bensin.

Pasalnya, saat mengisi bensin speedboat, Wakapolres Taliabu Kompol Sirajudin sempat mengecek speedboat dan melihat sejumlah alat elektronik menyala, seperti mesin kapal, kompor listrik, AC dan genset. Padahal, Sirajudin juga mengaku sempat memperingatkan awak kapal.

 "[Penyebab] kejadian untuk sementara disebabkan kelalaian dan sampai sekarang pihak Polres Pulau Taliabu masih melakukan proses lebih lanjut," pungkasnya.

Basarnas melaporkan Basarnas yang dikutip dari Antara, speedboat Bernama Bella 72 milik salah satu Paslon Calon Gubernur Maluku Utara (Malut), Benny Laos terbakar saat berlabuh di Pelabuhan Regional Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, Malut dan lima orang dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman dihubungi Antara Sabtu (12/10/2024), menjelaskan bahwa Kantor SAR Ternate menerima laporan kejadian tersebut dari Polres Pulau Taliabu dan sementara dilaporkan ada enam korban meninggal dunia.

Sesuai Laporan kejadian yang diterima pada 12 Oktober 2024 sekitar pukul 14.05 WIT, terjadi ledakan yang berasal dari Speedboat Bella 72 yang ditumpangi oleh rombongan Paslon Gub dan Wagub Maluku Utara No urut 4 Benny Laos - Sabrin Dehe bersama tim saat berlabuh di Pelabuhan Regional Bobong, Desa Bobong, Kecamatan. Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu yang mengakibatkan terjadi kebakaran di seluruh body speedboat.

Lanjut Fathur, sampai saat ini untuk kepastian jumlah Korban baik itu yang meninggal maupun selamat dan lainya belum bisa di pastikan. Sementara masi terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik itu pemerintah daerah dan TNI/Polri yang berada di lokasi kejadian, karena di daerah tersebut kami belum mempunyai Pos Sar maupun Unit siaga.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper